nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Makanan Khas Korea Paling Populer di Indonesia, Kamu Suka yang Mana?

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 02 Agustus 2018 14:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 02 298 1930811 10-makanan-khas-korea-paling-populer-di-indonesia-kamu-suka-yang-mana-b8HSSScJXM.jpg Song Joong Ki (Foto: Youtube)

DEMAM Korea di Indonesia kini bukan saja terkait drama atau band-bandnya. Dunia kuliner negeri ginseng juga menjadi incaran para penggemarnya. Saat ini banyak bermunculan restoran yang menyajikan makanan khas negara tersebut di Tanah Air.

Berikut di antara daftar makanan khas Korea yang populer di Indonesia, seperti Okezone rangkum dari lama KoranSINDO, Kamis (2/8/2018)

RAMYEON (Ramen versi Korea)

 

Mi asal Korea ini hampir mirip namanya dengan mi khas Jepang. Ramyeon menjadi makanan khas Korea yang banyak diminati bukan saja oleh orang Korea sendiri. Para penggemar drama atau film Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Ciri khas dari mi keriting ini biasanya dimakan langsung dari panci yang juga digunakan untuk memasaknya.

 BACA JUGA:

6 Misteri Besar Tak Terpecahkan soal Bumi, dari Dinosaurus hingga Asal Namanya

KIMCHI

 

Makanan khas Korea ini membuat para penggemar drama Korea penasaran dengan rasanya. Kimchi sebenarnya adalah asinan sayur pedas terbuat dari sawi putih dan lobak. Proses pembuatannya terbilang unik karena harus melewati proses fermentasi terlebih dahulu. Di Korea makanan ini selalu dihidangkan sebagai menu pelengkap santap siang dan malam.

BULGOGI

 

Bulgogi adalah makanan terbuat dari daging sapi diiris tipis. Bagian daging yang digunakan biasanya daging sirloin atau bagian dengan tekstur kenyal. Makanan ini hampir mirip dengan yakiniku, kuliner khas dari Jepang. Bulgogi memiliki rasa cenderung manis dengan cara makan yang biasanya dimakan dengan selada, kimchi, bawang putih, cabai, kemudian digulung lalu dimakan.

BIBIMBAP

 

Satu porsi bibimbap berisikan nasi, tumisan sayur, daging, dan telur. Sayur yang menjadi lauknya disusun rapi di pinggir dan telurnya ditempatkan di tengah-tengah. Tampilan bibimbap memiliki warna beragam karena sayuran yang digunakan dan kuning telur di tengahnya. Potongan daging sapi juga menambah warna dalam mangkuk satu bibimbap.

TTEOKBOKKI

 

Camilan khas Korea ini juga menarik penggemar K-drama (Korean Drama) di Indonesia. Jajanan kaki lima ini bisa ditemui dengan mudah di setiap sudut Korea Selatan.Kuliner ini terbuat dari tepung kue beras yang kemudian diberikan saus dan disajikan bersama timun, daun bawang, wortel dan cabai merah juga hijau.

KIMBAP

 

Jika Jepang punya sushi, Korea punya kimbab atau gimbab. Hampir sama dengan sushi, kimbap ini juga terbuat dari nasi isi sayur, daging, atau telur kemudian dibungkus dengan rumput laut kering, digulung dan diiris menjadi potongan untuk satu kali suap. Isian dari kimbap ini bisa macam-macam sesuai selera.

KUE BERAS

 

Beberapa makanan khas Korea terbuat dari kue beras dengan ciri khas dan namanya berbeda. Songpyeon misalnya, adalah kue beras yang berbentuk setengah bulan dengan isian kacang merah atau kenari. Kue ini kemudian dikukus dengan beberapa helai daun pinus sehingga mengeluarkan aroma segar. Adapula Gyeongdan merupakan kue beras yang bentuknya mirip dengan klepon di Indonesia.

MIYEOK GUK (Sup Rumput Laut Korea)

 

Rumput laut biasa dimakan dalam keadaan kering. Di Korea rumput laut ini dijadikan sup dan hanya dimakan pada saat ada acara tertentu seperti melahirkan atau ulang tahun. Sup rumput laut diberikan pada pagi hari sebagai sarapan bagi warga Korea yang sedang berulang tahun untuk merayakan hari pentingnya.

JJAJANGMYEON

 

Makanan khas Korea ini memiliki fakta unik dibalik tampilannya. Jjajangmyeon adalah mie yang disajikan dengan saus pasta kacang kedelai hitam sehingga mie ini dikenal juga dengan nama mie hitam. Tanggal 14 April di Korea Selatan dirayakan sebagai hari hitam yang menjadi budaya di negara tersebut.

 BACA JUGA:

Sudah Tahu Apa Bedanya Cookies dan Biskuit?

JAPCHAE / CHAPCHAE

 

Namanya tidak asing di telinga warga Indonesia karena hampir mirip dengan olahan makanan asal China yang biasa dimasak oleh warga Indonesia. Meski namanya hampir sama, namun isi dari Japchae ini sangat berbeda dengan capcay yang biasa kita buat. Japchae dari Korea ini adalah bihun atau sohun yang dicampur dengan wortel, sawi putih atau sayuran lain dan daging sapi. Makanan ini disajikan sebagai hidangan pendamping terutama dalam sebuah pesta atau acara khusus.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini