nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gemar Makan Ikan Bisa Cegah Penyakit Mematikan, Ini 7 Manfaatnya

Fienca Amelia , Jurnalis · Kamis 02 Agustus 2018 12:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 02 481 1930744 gemar-makan-ikan-bisa-cegah-penyakit-mematikan-ini-7-manfaatnya-y2mwqhOaEA.jpg Ilustrasi makan ikan (Foto: Paleoleap)

IKAN merupakan makanan sehat dan kaya akan protein. Di Indonesia, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti gencar mengampanyekan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan, karena memang banyak manfaat yang bisa didapat dengan rajin makan ikan.

Apa saja? Berikut Okezone lansir dari Blodsky, Kamis (2/8/2018) inilah 7 Alasan mengapa Anda harus rajin makan ikan:

 

BACA JUGA:

Bikin Tubuh Lebih Rileks, Olahraga Yoga Sambil Minum Bir Lagi Nge-tren

Mencegah penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang menyerang bagian otak. Penyakit ini biasanya diderita oleh seseorang yang sudah berusia 60 tahun. Penyakit ini terjadi karena degenerasi sel otak yang dapat menyebabkan seseorang kehilangan sebagian memorinya, kehilangan keseimbangan, depresi, dan kebingungan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Journal Of American Medical Association pada tahun 2016 menyatakan bahwa, mengkonsumsi ikan secara teratur dapat memperbaiki materi abu-abu pada otak. Selain itu, ikan akan mencegah terjadinya degenerasi sel otak.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Jantung merupakan organ vital yang sangat penting bagi tubuh. Penyakit ringan yang menyerang pada jantung akan berakibat fatal. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal Of Cardiology mengatakan bahwa mengkonsumsi ikan dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Lemak Omega 3 yang terkandung dalam ikan akan mengurangi trigliserida, mengurangi tekanan darah dan mengurangi pembekuan darah pada jantung.

Mengobati depresi

Depresi adalah penyakit serius yang menyerang mental seseorang. Perubahan zat kimia pada otak menimbulkan gejala seperti rasa kesedihan yang ekstrem, kelelahan dan bahkan bisa membuat penderita ingin melakukan bunuh diri. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Journal Of Psychiatry & Neuroscience menjelaskan bahwa minyak dalam ikan dapat meningkatkan hormone serotonin yang berfungsi mengurangi depresi

Meningkatkan kesehatan tulang

Protein, vitamin, mineral dan Vitamin D adalah nutrisi yang harus dipenuhi untuk menjaga tulang tetap sehat. Nutrisi tersebut ternyata terdapat di dalam ikan loh.

 

Meningkatkan kesehatan mata

Terlalu sering menggunakan computer dan telepon dapat mengakibatkan mata menjadi kering, pengelihatan kabur, gatal dan astigmatisme. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Kualitas Kesehatan, omega 3 dalam ikan bagus untuk meningkatkan kesehatan mata dengan memberi nutrisi pada otot dan saraf mata,

 BACA JUGA:

Sudah Tahu Apa Bedanya Cookies dan Biskuit?

Mengobati Rematik

Rheumatoid arthritis atau yang lebih dikenal dengan rematik merupakan penyakit yang biasanya mempengaruhi orang berusia di atas 55 tahun. Sendi dan otot akan meradang, sendi menjadi kaku dan penghambatan sendi yang mengakibatkan tubuh susah bergerak. Omega 3 dan Vitamin E yang ada di dalam ikan akan membantu mengurangi gejala rematik

 

Menurunkan resiko kanker

Penelitian dari American Journal Of Clinical nutrition, menjelaskan bahwa ikan akan mengurangi resiko terkena kanker usus besar, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker pancreas dan lainnya. Lemak omega 3 dalam ikan dapat mencegah perkembangbiakan sel kanker.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini