Gara-Gara Ini, Konsumsi Daging Ayam Bisa Bahayakan Kesehatan Anda

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 02 Agustus 2018 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 02 481 1930820 gara-gara-ini-konsumsi-daging-ayam-bisa-bahayakan-kesehatan-anda-eFKOhn0P01.jpg Daging ayam (Foto: Momtastic)

DAGING ayam merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, menurut hasil laporan Centers for Disease Control and Prevention, bahan makanan ini ternyata juga dapat menyebabkan wabah penyakit.

Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa CDC telah melakukan penelitian untuk melihat kaitan antara wabah penyakit yang terjadi selama periode 2009 - 2015, dengan daging ayam. Selama penelitian, mereka berhasil mengidentifikasi 5,760 makanan yang menyebabkan 100.939 orang jatuh sakit, 5.699 pasien harus dilarikan ke rumah sakit dan 145 di antaranya meninggal dunia.

Meski ikan termasuk kategori bahan makanan yang memicu wabah penyakit, daging ayam ternyata diklaim lebih berbahaya bagi kesehatan. Dilaporkan sebanyak 3.114 orang menderita keracunan makanan setelah mengonsumsi daging ayam yang telah terkontaminasi virus atau bakteri penyakit.

Daging babi dan sayuran berbiji juga masuk dalam kategori makanan berbahaya setelah daging ayam. Masing-masing bahan makanan tersebut telah menyebabkan 2.670 dan 2.572 orang jatuh sakit.

Lalu, apa yang membuat daging ayam berbahaya untuk dikonsumsi?

"Daging ayam adalah sumber salmonella," tutur Thomas Gremillion, director of the Food Policy Institute di the Consumer Federation of America, kepada CBS News.

Thomas menambahkan, "Laporan CDC membuktikan bahwa pemerintah harus menginspeksi industri makanan untuk melindungi para konsumen dari produk ayam yang tidak berkualitas,"

Seperti diketahui, salmonella merupakan jenis bakteri yang dapat memicu timbulnya sejumlah gejala penyakit, seperti diare, demam, dan sakit perut yang hebat. Gejala ini biasanya muncul 12 - 72 jam setelah konsumen mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Sebagai tambahan, bakteri salmonella sebetulnya juga bisa ditemukan pada telur, keju, jus, dan juga buah-buahan.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Ada sejumlah cara ampuh yang bisa dilakukan untuk menghindari virus mematikan tersebut. Salah satunya dengan mengadopsi kebiasaan memasak sehat yang direkomendasikan oleh U.S Department of Health & Human Services berikut ini :

1. Hindari konsumsi daging ayam dan telur mentah.

2. Cucilah tangan dengan sabun dan air bersih sebelum menyentuh makanan.

3. Hindari penggunaan alat dapur yang sama untuk mengolah makanan mentah dan makanan matang.

4. Gunakan termometer khusus ketika sedang mengolah daging, untuk memastikan daging benar-benar telah matang sempurna. Demikian dilansir dari Menshealth, Kamis (2/8/2018).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini