nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sayangi Ginjal Anda, 5 Kebiasaan Ini Merusak Fungsinya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 02 Agustus 2018 18:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 02 481 1930961 sayangi-ginjal-anda-5-kebiasaan-ini-merusak-fungsinya-1eCjMPjVMb.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

GINJAL merupakan salah satu organ tubuh manusia yang berfungsi menyaring kotoran atau limbah dari darah dan membuangnya bersama air dalam bentuk urin. Di samping itu, ginjal juga mengatur tekanan darah, penyerapan air, hingga mengendalikan tingkat keasaman di dalam tubuh.

Mengingat fungsi vitalnya itu, semua orang dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal mereka. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan sehat dan menghindari sejumlah kebiasaan yang bisa merusak ginjal.

Masalah pada ginjal memang bisa disebabkan oleh beberapa faktor, tapi banyak yang tidak menyadari bahwa kebiasaan menunda buang air kecil, kurang minum air, hingga merokok sebetulnya dapat menyebabkan kerusakan parah pada ginjal.

Nah, dilansir Okezone dari Kidney.org, Kamis (2/8/2018), berikut 5 kebiasaan yang harus Anda hindari untuk menjaga kesehatan ginjal.

Baca Juga: Hambar saat Diolah, Bayi Belut Merupakan Makanan Termahal di Spanyol

Mengonsumsi obat

Obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di pasaran, seperti NSAID (obat anti-inflamasi nosteroid) sebetulnya dapat meringankan rasa sakit dan nyeri pada tubuh Anda.

Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa kebiasaan ini juga dapat memicu timbulnya penyakit ginjal. Kurangi lah penggunaan rutin NSAID atau mintalah resep dokter untuk menghindari efek samping.

Baca Juga: Tidak Terjadi Dua Kali! 6 Foto Ini Diabadikan saat Momen Tepat

Konsumsi makanan olahan

Makanan olahan mengandung natrium dan fosfor yang sangat tinggi. Pasien yang menderita penyaki ginjal sebaiknya membatasi asupan fosfor yang terdapat dalam makanan mereka.

Beberapa penelitian menunjukkan, orang-orang yang tidak memiliki riwayat penyakit ginjal, namun mendapatkan asupan fosfor yang sangat tinggi justru akan meningkatkan risiko penyakit ginjal dan membahayakan kesehatan tulang mereka.

 

Tidak cukup minum air

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik adalah salah satu cara menjaga kesehatan ginjal. Alasannya, air mineral dipercaya dapat membersihkan natrium dan racun dari tubuh.

Meminum banyak air juga merupakan salah satu ara terbaik untuk menghindari batu ginjal yang menyakitkan. Para ahli kesehatan menganjurkan untuk meminum 1,5 - 2 liter air mineral setiap hari.

Terlalu banyak mengonsumsi daging

Protein hewani menghasilkan sejumlah asam dalam darah yang dapat berbahaya bagi kesehatan ginjal, dan menyebabkan asidosis (kondisi dimana ginjal tidak dapat menetralisir asam dengan cepat).

Namun di satu sisi, protein juga diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbabaikan sistem dan organ di dalam tubuh. Batasilah konsumsi daging dengan menyeimbangkannya dengan konsumsi buah dan sayuran.

Merokok

Tentu saja, merokok termasuk kebiasaan yang harus Anda hindari untuk menjaga kesehatan paru-paru. Tetapi tahukah Anda bahwa merokok juga tidak baik untuk kesehatan ginjal? Para perokok cenderung memiliki protein pada urin mereka. Hal ini bisa mengindikasikan telah terjadi kerusakan pada ginjal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini