nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masak Jengkol Enak Tanpa Bau, Sontek Resepnya

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Jum'at 03 Agustus 2018 15:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 03 298 1931327 masak-jengkol-enak-tanpa-bau-sontek-resepnya-CGlQTEp1bS.jpg Masak jengkol enak tanpa bau (Foto:Ist/Ilustrasi)

MESKI aromanya menyengat nyatanya jengkol dapat diolah menjadi hidangan yang menggugah selera. Misalnya Jengkol Balado. Perpaduan pedas dan legitnya jengkol membuat menu yang satu ini membuat Anda ketagihan.

Anda pun tak perlu khawatir akan bau jengkol yang tidak sedap ini. Pasalnya, dengan teknik pengolahan yang tepat, jengkol tidak akan meninggalkan bau, tapi tetap lezat. Tertarik membuat jengkol untuk santap siang ini? Berikut resep Jengkol Balado seperti dikutip Tastemade.

Bahan-bahan:

350 g jengkol yang sudah tua

Air, untuk merebus jengkol

2 sdm minyak untuk menumis

1 sdt garam

3 lembar daun salam

1 batang serai

(Baca Juga: Termasuk Penyakit Mental, Ini 5 Tanda Kecanduan Seks)

(Baca Juga: Nyaris Telanjang, Ini 5 Gaya Seksi Kendall Jenner saat Tampil di Depan Publik)

(Baca Juga: Anggunnya Varsha Strauss Calon Istri Panji Trihatmodjo Berbalut Kebaya)

Bumbu halus:

5 siung bawang putih

8 siung bawang merah

5 buah cabai merah besar

15 buah cabai rawit merah

3 cm kunyit

50 g gula merah

 

Cara membuat:

Rebus air hingga mendidih. Masukan jengkol. Rebus jengkol hingga lembut, kemudian angkat dan kupas kulitnya. Memarkan jengkol hingga agak tipis.

Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, cabai rawit merah, kunyit dan gula merah. Tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama daun salam dan serai hingga harum.

Tambahkan sedikit air dan diamkan sampai mendidih. Kemudian masukan jengkol. Bumbui dengan garam, lada dan gula jika mau. Aduk hingga merata. Tunggu sampai jengkol benar-benar matang. Angkat. Jengkol balado siap disajikan. (Diana Rafikasari)

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini