Obat China untuk Diabetes Amankah Dikonsumsi?

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Jum'at 03 Agustus 2018 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 03 481 1931325 obat-china-untuk-diabetes-amankah-dikonsumsi-s0Re73paXy.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Obat Cina adalah sebutan lain dari pengobatan herbal yang berasal dari negara Tiongkok. Obat ini sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, salah satunya diabetes.

Meski kebanyakan obat Cina belum terbukti secara ilmiah dalam mengobati diabetes, namun sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa obat Cina dapat mencegah perkembangan diabetes pada orang yang sudah didiagnosis mengidap prediabetes.

Apa benar obat cina dapat menurunkan risiko diabetes?

Berdasarkan penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, obat herbal tradisional asal Tiongkok dapat mencegah penyakit diabetes pada penderita prediabetes.

Baca Juga: Netizen Prediksi Nama Anak Kahiyang Ayu, Rata-Rata Anti Mainstream!

Ilustrasi 

Sekitar 400 warga asal Tiongkok dengan prediabetes dipilih secara acak untuk mengonsumsi salah satu obat herbal Cina dan plasebo. Selama satu tahun, para peserta diperintahkan mengonsumsi obat cina tersebut sebanyak tiga kali sehari. Kemudian kadar gula darah setiap peserta diperiksa setiap tiga bulan sekali.

Hasilnya, kadar gula darah para peserta mampu terkontrol dengan baik, sehingga prediabetes yang mereka alami tidak berkembang menjadi diabetes tipe 2. Prediabetes sendiri adalah kondisi di mana kadar gula darah Anda lebih tinggi dari biasanya, namun belum cukup tinggi untuk dikategorikan sebagai diabetes tipe 2. Nah, orang-orang dengan kondisi inilah yang cenderung berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskuler, serta stroke.

Di akhir percobaan, 36 peserta yang rutin mengonsumsi obat cina dan 56 peserta yang mengonsumsi plasebo diketahui terkena diabetes tipe 2. Setelah memperhitungkan usia dan jenis kelamin peserta, mereka yang rutin mengonsumsi obat cina, 32 persen berisiko lebih rendah terkena diabetes dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi plasebo.

Lantas, apakah obat cina aman untuk dikonsumsi?

Banyak orang sering mengalami kesulitan untuk melakukan perubahan gaya hidup guna mengendalikan gula darahnya. Obat-obatan yang tersedia saat ini pun tak jarang memiliki efek samping bagi sistem pencernaan.

Inilah mengapa para peneliti dalam studi menjadikan obat-obatan tradisional asal Tiongkok sebagai alternatif untuk mengatur kadar gula darah, entah itu dijadikan pengobatan tunggal atau dikombinasikan dengan pengobatan lain. Di samping itu, para peneliti juga percaya bahwa efek samping yang ditimbulkan dari obat herbal pada dasarnya lebih ringan dibanding dengan obat berbahan kimia.

Sayangnya, banyak ahli yang menentang hasil penelitian ini dengan alasan masih terlalu dini untuk merekomendasikan obat herbal asal Tiongkok tersebut sebagai pengobatan untuk mencegah diabetes. Pieter Cohen, spesialis penyakit dalam di Cambridge Health Alliance juga menyatakan hal yang serupa.

Ia mengatakan bahwa perubahan kadar gula darah dari paserta yang rutin mengonsumsi obat cina, bukan berarti obat herbal tersebut baik untuk kesehatan.

Pasalnya, penelitian pada obat herbal untuk diabetes lainnya justru menunjukkan adanya peningkatan aktivitas atau beban liver saat pemakaian obat tersebut. Hal ini dibuktikan dari tingginya hasil tes (serum glutamic pyruvic transaminase) pada orang yang mengonsumsi obat herbal cina. Sementara ketika seseorang berhenti minum obat herbal cina, diketahui bahwa kadar SGPTnya kembali normal.

Nah, banyaknya perdebatan di kalangan para ahli pada akhirnya memberi kesimpulan bahwa masih dibutuhkan penelitian yang lebih besar dengan jangka waktu yang lebih lama untuk benar-benar memastikan jika obat cina dapat mencegah diabetes dan aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Lagi! Tantangan Baru Numpak RX King Challenge yang Bikin Ngakak

Agar prediabetes tak menjadi diabetes

Pada dasarnya, jika Anda baru terdiagnosis prediabetes, maka Anda tak perlu mengonsumsi obat-obatan pengendali kadar gula darah. Menerapkan gaya hidup sehat merupakan cara aman dan ampuh yang bisa Anda lakukan untuk mencegah prediabetes menjadi diabates. Berikut ini beberapa cara mencegah diabetes di antaranya:

  • Memerhatikan asupan makanan
  • Mengganti asupan gula dengan pemanis rendah kalori
  • Mengatur porsi makan
  • Rajin olahraga dan tinggalkan gaya hidup sendetari (malas gerak)
  • Menjaga berat badan ideal
  • Berhenti merokok

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini