nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspadai Momo Challenge, Ajakan Bunuh Diri kepada Anak Lewat WA

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 04 Agustus 2018 09:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 04 196 1931650 waspadai-momo-challenge-ajakan-bunuh-diri-kepada-anak-lewat-wa-78rvUDW6Vf.jpg Waspadai Momo Challenge (Foto: Thesun)

PENGGUNAAN gadget di kalangan anak-anak sekarang ini memang sudah menjadi hal biasa. Untuk itu, orangtua perlu meningkatkan pengawasan terhadap anak. Sebab bisa saja anak menerima pesan melalui media sosial yang dapat membahayakan dirinya. Di sinilah peran orangtua untuk memberikan pemahaman kepada anak.

Baru-baru ini muncul sebuah tantangan yang tersebar di WhatsApp bernama Momo Challenge dan diperuntukkan untuk gadis berusia 12 tahun. Tantangan ini tergolong berbahaya dan polisi di sejumlah negara telah menyatakan keprihatinannya. Alasannya karena tantangan ini mengajak seseorang untuk bunuh diri. Hampir mirip dengan Blue Whale Challenge yang sempat viral dan mengkhawatirkan beberapa waktu lalu.

Momo adalah nama akun media sosial yang kehadirannya ada di jaringan seperti WhatsApp, Facebook, dan YouTube. Menurut Unit Investigasi Kejahatan Komputer di negara bagian Meksiko, Tabasco, permainan dimulai di Facebook. Para pengguna ditantang untuk berkomunikasi dengan nomor yang tidak diketahui. Kemudian Momo akan menanggapi panggilan dengan gambar kekerasan sambil memberikan perintah. Bila pemain menolak untuk mengikuti perintah permainan, maka dirinya bisa merasa terancam.

Selain itu, avatar yang digunakan oleh permainan ini adalah gambar seorang wanita dengan struktur aneh dan mata melotot. Gambar yang terlihat menyeramkan ini merupakan karya dari seniman Jepang, Midori Hayashi. Akan tetapi, seniman itu tidak terkait dengan permainan. Hanya gambarnya saja yang digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Momo

Menurut Rodrigo Nejm dari LSM Brazil, Safernet, hingga saat ini belum jelas persebaran Momo Challenge. Namun ada laporan yang mengatakan bila tantangan ini terjadi di Meksiko, Argentina, Amerika Serikat, Perancis, dan Jerman. Selain itu, ada kemungkinan permainan ini merupakan bentuk umpan yang digunakan para penjahat untuk mencuri data dan memeras orang di internet.

Sedangkan menurut YouTuber ReignBot, sulit untuk mengikat Momo ke satu pengguna WhatsApp. Alasannya karena nomor telepon yang tidak diketahui dalam permainan ini terhubung ke setidaknya tiga nomor telepon di Jepang, Kolombia, dan Meksiko. Bagi mereka yang mencoba menghubungi nomor itu biasanya tidak mendapatkan jawaban.

Kalaupun mereka berhasil mendapatkan jawaban kemungkinan besar dihadapkan pada penghinaan, implikasi orang yang dihubungi mengetahui informasi pribadi, dan gambar yang paling mengganggu atau menyeramkan. Oleh karenanya Polisi Nasional Spanyol telah memperingatkan agar masyarakat terutama anak-anak lebih baik untuk mengabaikan tantangan tidak masuk akal yang tersebar di WhatsApp. Demikian seperti yang dilansir dari The Sun, Sabtu (4/8/2018).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini