nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran Gili Lawa Darat, Badai: Lama-Lama Tempat Wisata Kita Habis Kalau Tidak Dijaga

Fienca Amelia , Jurnalis · Sabtu 04 Agustus 2018 11:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 04 406 1931661 kebakaran-gili-lawa-darat-badai-lama-lama-tempat-wisata-kita-habis-kalau-tidak-dijaga-ir7rrUT3Im.jpg Badai sayangkan peristiwa kebakaran Gili Lawa Darat terjadi (Foto: Okezone)

BANYAK masyarakat Indonesia yang menyayangkan Peristiwa terbakarnya Gili Lawa Darat yang berada di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo, Nusa Tenggara Tengah (NTT). Kawasan Gililawa terkenal dengan kawasan wisata Savana atau padang rumputnya, lautnya yang sangat indah bisa menjadi spot untuk menikmati sunset dan sunrise.

Dari kalangan artis, Doadibadai Hollo atau yang akrab disapa Badai pun mengungkapkan duka atas peristiwa terbakarnya Gili Lawa Darat.

“Ya saya prihatin atas kejadian ini, Indonesia sebenarnya punya banyak sekali kantong kantong budaya dan tempat wisata. Tidak dijaga dengan baik jadi begitu,” ujar Badai saat menyambangi kantor Okezone, Jakarta, Jumat 3 Agustus 2018.

Badai yang pernah menyambangi pulau komodo bersama ibunya pada tahun 1994 mengatakan bahwa seharusnya masyarakat Indonesia bisa menjaga keseimbangan alam yang ada di Indonesia. Kebiasaan wisatawan saat berkunjung ke tempat wisata adalah iseng.

“Jadi gini, tangan kita tuh sebenernya iseng kalau ada pohon dicabut daunnya diambil, itu kan ekosistem alam, ya dijaga, biarin saja gausah dicabut cabut,” ungkapnya.

Gili lawa(Foto: Instagram)

Badai pun berpesan kepada teman-teman yang suka mengeksplor keindahan alam agar selalu menjaga sopan santun di mana pun berada. Hargai peraturan yang ada di tempat wisata dan yang terpenting adalah jangan buang sampah sembarangan.

“Lama-kelamaan tempat wisata kita akan habis loh kalau tidak dijaga. Kalau kita tidak bisa berubah, kasian pemerintah sudah bekerja keras untuk mempromosikan keindahan yang Indonesia punya,” pesan Badai.

Terbakarnya padang rumput Gili Lawa Darat terjadi pada Kamis, dini hari, 2 Agustus 2018. Api melalap sekitar 10 hektar padang rumput di Pulau Komodo tersebut. Polisi pun masih mengusut siapa dalang dibalik kebakaran ini. Namun, penyebab dari kebakaran kawasan Gili Lawa itu di duga akibat puntung rokok yang dibuang oleh pengunjung yang berwisata ke daerah tersebut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini