nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gili Lawa Dilalap Api, Kehidupan Komodo Tak Terkena Dampak

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Sabtu 04 Agustus 2018 16:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 04 406 1931763 gili-lawa-dilalap-api-kehidupan-komodo-tak-terkena-dampak-HDwCB2YuJl.jpg Komodo (Zyco)

SEJUMLAH saksi mata masih dimintai keterangan oleh kepolisian di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, untuk mengetahui penyebab kebakaran di pulau Gili Lawa di Taman Nasional Komodo.

"Masih dalam proses penyelidikan penyebab kebakaran. Sekarang masih pengambilan keterangan para saksi mata" kata Kepala Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo, NTT, Budhy Kurniawan, Jumat (3/8/2018), kepada BBC News Indonesia.

Api melalap sekitar 10 hektar kawasan padang rumput di pulau Gili Lawa, sejak Rabu (01/08) malam dan baru bisa dipadamkan sekitar lima jam kemudian pada Kamis (02/08) dini hari.

 Baca juga: Anti-Sunat Perempuan Mulai Diterapkan Amerika, Bisa Sampai Dideportasi!

Penyebab kebakaran masih diselidiki, tetapi menurut penyelidikan sementara diduga karena disebabkan faktor alam dan aktivitas manusia.

 Gili lawa

"Faktor alam karena sekarang musim kemarau dan bisa juga karena aktivitas manusia. Di pulau itu 'kan ada wisatawan," kata Budhy Kurniawan.

Menurutnya, polisi sedang memeriksa saksi mata seperti tim pemadam kebakaran, wisatawan yang berada di lokasi, serta para pemandu. "Termasuk tamu yang ada di kapal wisata di sekitar Gili Lawa," ungkapnya.

 Baca juga: Gaya Rambut Hits Nagita Slavina, Bob Pendek Hingga Korean Style

Apakah berdampak terhadap habitat Komodo?

Budhy memastikan bahwa kebakaran yang melanda pulau Gili Lawa ini tidak berdampak terhadap keberadaan habitat komodo di Taman Nasional Komodo. "Jaraknya jauh. Giri Lawa ini pulau tersendiri," ungkapnya.

Sejumlah saksi mata mengungkapkan, titik api mulai terlihat di puncak pulau tersebut sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

 Baca juga: Kenapa Putri Charlotte Selalu Mengenakan Dress?

Komodo

"Sumber api awalnya kecil yaitu di puncak bukit di pulau itu. Kemudian angin berkencang sehingga api merambat," jelasnya.

Upaya pemadaman kemudian dilakukan. Api berhasil dipadamkan sekitar Kamis (02/08) dini hari, yaitu sekitar pukul 03.00 waktu setempat. "Kita butuh lima jam untuk memadamkannya," ungkap Budhy.

Selama proses penyelidikan, pengelola Taman Nasional Komodo memutuskan untuk menutup sementara pulau Gili Lawa untuk umum.

"Kita juga mengeluarkan edaran menghimbau seluruh pihak, baik pelaku wisata, pemandu (guide) serta pengunjung agar tidak melakukan aktivitas yang dapat menyebabkan kebakaran.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini