nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kahiyang Ayu Harus Lakukan Ini Selama Proses Pemulihan Usai Melahirkan Caesar

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 04 Agustus 2018 13:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 04 481 1931657 kahiyang-ayu-harus-lakukan-ini-selama-proses-pemulihan-usai-melahirkan-caesar-PwcSCMS3lS.jpg Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution (Foto: @kahiyanggbobby/Instagram)

KITA tahu bersama bahwa Kahiyang Ayu melahirkan Sedah Mirah Nasution dalam proses persalinan caesar. Hal ini dilakukan karena alasan khusus dan berdasar pada kondisi sang ibu.

Sedah Mirah lahir ke dunia pada Rabu, 1 Agustus 2018 pada pukul 05.50, di RS YPK Menteng, Jakarta Pusat. Saat proses persalinan berlangsung, Kahiyang hanya ditemani sang suami, Bobby Nasution.

Butuh waktu 3 sampai 5 hari setelah operasi caesar sampai akhirnya sang ibu bisa pulih dari efek tindakan operasi. Hal ini berkaitan dengan anastesi yang diberikan untuk menunjang tata laksana operasi caesar. Jika menghitung dari tanggal kelahiran, maka Sabtu (4/8/2018) ini Kahiyang sudah diperbolehkan pulang.

Dalam keterangan persnya kemarin, Jumat (3/8/2018), Kahiyang menjelaskan bahwa dirinya memang sudah sehat. "Saya sudah bisa jalan, sudah bisa jalan-jalan di kamar," katanya pada awak media yang datang kehadapannya, kemarin.

Namun begitu, sang suami menjelaskan bahwa dia dan Kahiyang masih akan menambah waktu di rumah sakit dengan alasan ingin memantapkan diri sebagai orangtua. "Belum pulang. Medis sendiri sudah memperbolehkan, kami baru jadi orangtua kan, belajar dulu cara gendongnya gitu," ungkap Bobby di momen yang sama.

Di sisi lain, bagaimana sih memangnya proses yang harus dilalui ibu melahirkan dengan proses caesar? Lalu, apa yang harus dilakukan saat sampai di rumah?

Okezone coba mengutip dari laman Pregnancy Baby Birth, ternyata memang ada tahapan yang mesti dilakukan si ibu setelah melahirkan dengan tindakan operasi sampai dia diperbolehkan pulang ke rumah. Berikut penjelasannya;

Sesaat setelah melahirkan

Para bidan dan perawat akan merawat Anda di ruang pemulihan sampai Anda siap untuk pergi ke kamar pasca kelahiran. Jika Anda memiliki anestesi umum, Anda akan tinggal di ruang pemulihan sampai Anda bangun, biasanya dalam waktu 30 hingga 60 menit setelahnya Anda akan dapat melihat bayi Anda ketika Anda bangun.

Sedikit informasi, bayi Anda mungkin diizinkan untuk menetap bersama Anda, kecuali tim khawatir tentang kesehatan Anda atau kesehatan bayi. Kalau memang tidak memungkinkan, maka si bayi akan ditempatkan terpisah.

Tapi, perlu Anda ketahui, kontak kulit ke kulit penting untuk bayi setelah lahir. Maka suami atau orang yang mendukung Anda dapat memberikan ini jika Anda tidak dapat melakukannya.

Di lain sisi, para bidan akan terus memeriksa tekanan darah Anda, luka Anda, dan berapa banyak Anda mengalami pendarahan di Miss V.

Pemulihan di rumah sakit

Sebagian besar wanita merasakan ketidaknyamanan setelah operasi caesar. Anda dapat mengonsumsi obat nyeri yang kuat dan penting untuk mengontrol rasa sakit karena ini akan membantu pemulihan Anda. Katakan pada bidan jika Anda merasa sakit atau jika Anda merasa mual.

Lalu, Anda akan tetap di tempat tidur sampai anestesi epidural atau spinal Anda hilang. Kemudian bidan akan membantu Anda keluar dari tempat tidur. Tetes di lengan dan kateter kandung kemih biasanya dibuang dalam 1 sampai 2 hari pertama. Anda juga akan diberikan latihan pernapasan dan gerakan posisi kaki saat tidur.

kahiyang ayu

Ketika Anda diizinkan keluar dari tempat tidur, bidan akan membantu Anda mandi. Anda harus berjalan dengan lembut setiap hari untuk mengurangi kemungkinan infeksi atau pembekuan darah. Sepertinya Kahiyang sudah melakukan langkah ini dengan benar sampai akhirnya dia sudah bisa berjalan normal.

Seorang fisioterapis akan memberi Anda latihan yang harus dilakukan untuk membantu membangun kembali otot-otot Anda. Sangat penting untuk mengambil tindakan dengan lembut setelah operasi caesar. Sebab, jika membiarkan tubuh diam, risiko pembekuan tubuh akan sangat tinggi.

Menyusui

Menyusui setelah operasi caesar dapat terpengaruh jika Anda dan bayi Anda telah menerima banyak anestesi atau bayi Anda mengantuk. Melakukan operasi caesar juga berarti ada sedikit keterlambatan dalam ASI Anda. Tetapi Anda masih bisa menyusui setelah operasi caesar.

Seorang bidan akan membantu Anda memposisikan bayi Anda. Mungkin akan lebih nyaman untuk memiliki bantal di pangkuan Anda untuk melindungi luka Anda, untuk berbaring di sisi Anda, atau menggendong bayi Anda di bawah lengan Anda, dengan kaki mereka menghadap ke punggung Anda.

Jika menyusui harus tertunda karena alasan apa pun, mintalah bantuan untuk mengekspresikan kolostrum. Kolostrum mengandung protein dan membantu kekebalan bayi Anda setelah lahir.

kahiyang ayu(Foto: @kahiyanggbobby/Instagram)

Pemulihan di rumah

Nah, ini yang mestinya menjadi catatan Kahiyang dan ibu lain yang harus melalui persalinan caesar. Anda mungkin akan pulang setelah sekitar 3 hingga 5 hari. Pastikan Anda memiliki banyak istirahat di rumah dan menerima bantuan sebanyak mungkin dari si bayi. Jangan angkat barang apa pun yang lebih berat dari bayi Anda dulu.

Beri penyangga pada perut supaya bentuk perut tidak begitu berubah dan sangat disarankan untuk minum banyak cairan. Hindari seks sampai dokter mengatakan itu baik-baik saja dan Anda merasa nyaman. Ini bisa memakan waktu beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan, sangat tergantung pada kondisi ibu.

Jika luka telah ditutup dengan staples, ini harus dihapus 3 hingga 7 hari setelah operasi. Jika Anda memiliki jahitan, mereka biasanya akan diserap oleh tubuh.

Pastikan Anda menjaga luka Anda bersih dan kering. Kenakan pakaian longgar dan cari tanda-tanda infeksi. Beritahu dokter Anda segera jika Anda mendapatkan tanda ini di tubuh Anda:

1. kemerahan, rasa sakit atau bengkak di sekitar lokasi luka

2. debit bau yang buruk

3. demam tinggi

4. buang air kecil yang menyakitkan

5. pendarahan berat dari Miss V (yang membasahi pembalut wanita dalam satu jam), atau pendarahan yang berlangsung lebih dari 8 minggu setelah operasi caesar.

Anda mungkin mengalami kram dan nyeri di sekitar sayatan selama beberapa minggu. Sebagian besar wanita merasa sehat setelah sekitar 6 minggu, meskipun beberapa mati rasa dapat berlangsung lebih lama.

Anda tidak akan diizinkan untuk mengemudi sampai Anda benar-benar pulih dan luka Anda telah sembuh. Bicarakan dengan dokter Anda tentang kapan aman untuk mengendarai kendaraan lagi.

Kehamilan di masa depan

Anda berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi kehamilan di masa depan setelah Anda menjalani operasi caesar. Ini termasuk masalah dengan posisi plasenta dan masalah dengan plasenta yang terlepas setelah kelahiran.

Adalah mungkin untuk memiliki kelahiran vagina setelah operasi caesar (VBAC). Ini adalah pilihan aman bagi kebanyakan wanita. Tetapi ada juga risiko kecil bahwa rahim Anda bisa pecah jika Anda mengalami persalinan pervaginam setelah operasi caesar.

Anda mungkin perlu melakukan operasi caesar terencana untuk kelahiran Anda berikutnya. Risiko komplikasi kehamilan meningkat dengan setiap operasi caesar yang Anda miliki. Diskusikan hal ini dengan bidan atau dokter Anda di awal kehamilan Anda berikutnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini