nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penelitian Membuktikan, Mengonsumsi Bir Mampu Membantu Perkembangan Otak Anda

Fienca Amelia , Jurnalis · Minggu 05 Agustus 2018 15:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 05 481 1932013 penelitian-membuktikan-mengonsumsi-bir-mampu-membantu-perkembangan-otak-anda-PdqeoqMNAA.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KABAR baik bagi semua pecinta bir. Baru baru ini, para ilmuwan Hong Kong menemukan bahwa sebenarnya bir sangat baik untuk kesehatan Anda.

Laporan Ladbible yang diterbitkan dalam The American Journal of the Medical Sciences mengklaim bahwa bir mengandung lebih banyak protein dan vitamin B daripada anggur, tinggi antioksidan dan dapat mengurangi terjadinya penyakit kardiovaskular.

"Bir mengandung sejumlah kecil mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, zing, tembaga, mangan dan selenium, fluoride dan silicon," kata Ahli gizi Sisi Yip seperti dikutip dari TheHealthSite, Minggu (05/08/2018).

“Bir juga mengandung berbagai polifenol seperti flavonoid dan asam fenolik, yang berkontribusi langsung terhadap beberapa karakteristik bir seperti rasa, kabut, tubuh dan kekenyangan,” tambah dia.

Baca Juga: Lihat Foto-Foto Nagita Slavina Tanpa Make-Up, Asli Cantiknya

Menurut Yip, penelitian telah menunjukkan bahwa polifenol merupakan bahan kimia alami yang ditemukan dalam tumbuhan. Polifenol ini dapat menurunkan risiko mengembangkan atherosclerosis, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung karena efek anti-radang di dalam bir, dibandingkan dengan minuman yang beralkohol tinggi lainnya.

Bahkan, menurut berbagai penelitian bahan utama xanthumol yang digunakan untuk membuat bir dapat mengurangi kemungkinan resistensi insulin, yang berpotensi menjadi berita baik bagi penderita diabetes.

Akan tetapi, mengonsumsi alkohol terlalu banyak dapat membuat Anda mabuk dan juga menimbulkan efek yang mengerikan seperti penyakit hati dan tekanan darah tinggi dan juga tinggi kalori. Karenanya, Yip menyarankan bahwa lebih baik menghindari sesuatu buruk yang berhubungan dengan alkohol.

Baca Juga: Waspadai Momo Challenge, Ajakan Bunuh Diri kepada Anak Lewat WA

“Pria dan wanita disarankan untuk tidak minum lebih dari 14 gelas dalam seminggu. Idealnya, batas kesehatan hingga satu pint untuk pria dan setengah pint untuk wanita per hari," tutur dia.

Menurut penelitian 2010, kandungan silikon bir dapat membantu mendorong pertumbuhan tulang serta pertumbuhan jaringan. Selain itu dapat mencegah penyakit yang merusak tulang seperti osteoporosis. Jadi, minum bir bisa sangat baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini