Share

Challenge Media Sosial Ini Pernah Booming Tapi Berbahaya!

Annisa Aprilia, Okezone · Senin 06 Agustus 2018 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 06 196 1932254 challenge-media-sosial-ini-pernah-booming-tapi-berbahaya-6Zpk9EOako.jpg Social Media (Pagevault)

UNTUK menarik perhatian publik dan jadi terkenal sekarang sudah mudah. Tinggal memanfaatkan media sosial, tampil berbeda, dan memiliki ciri khas, maka kepopuleran pun bisa datang dengan cepat.

Salah satu caranya yang sering dilakukan oleh para pengguna media sosial dan remaja ialah memenuhi tantangan. Jika sebelumnya sudah ada Kiki Challenge atau In My Feelings Challenge dan yang belum lama ini muncul Challenge Numpak RXKing, ternyata masih banyak challenge lainnya yang sempat booming pada 2018. Namun, sayangnya tantangan ini lebih banyak nyeleneh dan berbahayanya ketimbang memberikan dampak positif, manfaat bagi pelakunya, dan sebaiknya tidak perlu ditiru.

Dilansir Okezone dari laman The Things, Senin (6/8/2018), berikut 5 challenge atau tantangan media sosial yang banyak dilakukan dan berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan.

 Baca juga: Niat Olahraga Pagi Enggak Cuma Omdo, Lakukan 5 Hal Ini Sehari Sebelumnya!

1. Kylie Jenner challenge

Kylie Jenner Challenge

Tentu hampir setiap orang tahu Kylie Jenner memiliki bibir yang sensual dan sungguh menggoda. Bentuknya yang tebal dan berlekuk, nampak indah, hingga tidak sedikit pula kaum Hawa yang menginginkannya. Akhirnya tercipta tantangan Kylie Jenner, yang mengharuskan pelakunya menggunakan botol atau apapun itu hingga membuat bibir jontor, merah, dan sangat tebal, jelas tantangan ini ditentang, karena bisa membuat bibir memar, melepuh, dan infeksi.

2. Es dan garam challenge

Es dan Garam Challenge

Mungkin tantangan ini tidak terlalu populer. Tapi, jika es dan garam diletakkan di tangan atau kulit, rasanya gatal, dan tidak nyaman. Akhirnya kulit menjadi bentol-bentol kemerahan sebagai respon alergi. Tantangan tersebut bertujuan untuk mengetahui seberapa lama es bisa mencair di atas kulit setelah diberi garam, dan berapa lama orang tersebut bertahan di tengah rasa tidak nyaman, konyol bukan?

 Baca juga: Terkait Masalah Kehalalan, Menkes: Program Imunisasi Rubella Tetap Berjalan

3. Corn drill challenge

Corn Drill Challenge

Ingatkah Anda dengan tantangan nyeleneh makan jagung menggunakan bor listrik? Ya, ini pun jadi salah satu tantangan berbahaya, sebab bisa saja putaran bor yang cepat mengenai bagian tubuh, seperti yang dialami oleh perempuan dalam gambar, rambutnya tersangkut putaran bor yang cepat, akhirnya perlu di potong habis, sampai pitak!

4. Tide pod challenge

Tide pod challenge

Memang sudah banyak tantangan atau challenge konyol, nyeleneh, dan terkesan bodoh untuk dilakukan di media sosial. Tapi tantangan tide pod ini bisa jadi yang paling bodoh di antaranya, karena mengharuskan pelaku mengunyah gel atau kapsul deterjen dalam mulut. Jelas saja efek negatifnya bisa membuat tubuh keracunan.

 Baca juga: Menjajal Kereta Wisata yang Ditumpangi Presiden Jokowi, Tak Kalah Keren dari Pesawat

5. Lakban challenge

Tape Challenge

Terkena lakban di salah satu bagian tubuh tentu tidak nyaman, apalagi saat harus melepasnya, karena sebagian rambut halus pada tubuh pasti ikut terangkat. Namun, pada lakban challenge ini, tubuh pelaku harus ditutupi lakban sepenuhnya, mirip mumi sambil duduk di kursi. Tantangan ini dilakukan untuk melihat apakah orang tersebut mampu bergerak dari kursi atau tidak. Alih-alih jadi bahan tertawaan, orang yang melakukam challenge malah membahayakan dirinya sendiri, karena terjatuh dan cedera.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini