Pasanganmu Masih Punya Aplikasi Kencan Online? Hati-Hati Dia Belum Serius!

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 06 Agustus 2018 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 06 196 1932546 pasanganmu-masih-punya-aplikasi-kencan-online-hati-hati-dia-belum-serius-d4zL9LZ1TW.jpg Aplikasi Kencan Online. (Foto: Pocket Lint)

MEMULAI hubungan baru setelah kisah lama berakhir mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Alasannya, karena beberapa mungkin belum mampu sepenuhnya melupakan pasangan yang terdahulu atau mungkin masih memikirkan orang-orang yang dianggap potensial untuk dijadikan pasangan di aplikasi pencari jodoh.

Ya, mencari jodoh di sebuah situs maupun aplikasi sekarang ini sudah tidak asing lagi. Aplikasi seperti Tinder dan Bumble yang menyediakan 'katalog lengkap' dari orang-orang yang bisa dijadikan pasangan terkadang menjadi godaan dalam sebuah hubungan.

Akibatnya, orang bisa saja merasa tidak puas dengan pasangannya saat ini karena menganggap orang lain lebih baik. Oleh karenanya, melepaskan godaan dari aplikasi kencan betul-betul dibutuhkan.

Baca Juga: Menjajal Kereta Wisata yang Ditumpangi Presiden Jokowi, Tak Kalah Keren dari Pesawat

Bahkan, kalau perlu menghapus akun dan aplikasi dari ponsel. Para ahli hubungan berpendapat jika cara ini adalah yang terbaik untuk membuktikan komitmen kepada pasangan baru.

"Menghapus aplikasi kencan menunjukkan bahwa orang tersebut serius tentang hubungan baru. Biasanya, hal itu menandakan orang tersebut terlibat dalam hubungan eksklusif. Selain itu, dengan menghapusnya dapat meredakan kecemasan pasangannya," terang psikolog Madeleine Mason Roantree seperti yang dikutip Okezone dari Independent, Senin (6/8/2018).

Baca Juga: Viral Video Tetap Salat saat Gempa Lombok, Netizen: Insya Allah Mati Syahid

Pelatih kencan James Preece juga menyatakan hal senada. Menurutnya penghapusan akun dalam situs kencan merupakan tonggak penting di hubungan baru. "Cara ini memperjelas bila seseorang akan fokus satu sama lain kepada pasangannya mulai sekarang. Ini juga cara memberitahu pasangan dan diri sendiri bila pencarian telah berakhir," ungkapnya.

"Dengan menghentikannya maka terjadi pembersihan psikologis sehingga seseorang berkonsentrasi pada yang sebenarnya ada di depan. Pada titik tertentu, profil aplikasi kencan hanya akan memunculkan ketidaknyamanan dalam hubungan karena pasangan dapat merasa bila dirinya tidak menyediakan keinginan pasangannya," pungkas James.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini