nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menjajal Kereta Wisata yang Ditumpangi Presiden Jokowi, Tak Kalah Keren dari Pesawat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 06 Agustus 2018 05:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 06 406 1932172 menjajal-kereta-wisata-yang-ditumpangi-presiden-joko-widodo-tak-kalah-keren-dari-pesawat-oKzocjUuw9.jpg Kereta Wisata. (Foto: Okezone)

SEBELUM tren tiket pesawat murah booming di kalangan wisatawan, sebagian orang kerap memilih moda transportasi darat untuk mengunjungi destinasi impian. Salah satunya adalah kereta api.

Ya, meski durasi waktu yang dibutuhkan cenderung lebih lama, berwisata menggunakan kereta api sebetulnya menyuguhkan pengalaman yang berbeda dan tak terlupakan. Anda bisa menikmati pemandangan alam nan asri dari balik jendela, sambil bercengkerama bersama teman perjalanan.

Moda transportasi ini bahkan menjadi pilihan favorit bagi para pejabat hingga presiden Indonesia, ketika hendak melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Pulau Jawa. Jangan salah, fasilitas yang disuguhkan pun cukup beragam. Selain kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif, wisatawan kini dapat menjajal kereta api wisata yang dilengkapi segudang fasilitas mewah bak hotel bintang lima.

Baca Juga: Bergelimpangan Harta sejak Kecil, Ini Sosok Nagita Slavina Sesungguhnya!

 

Belum lama ini, Okezone berkesempatan 'mencicipi' Kereta Api Wisata Gerbong 'Jawa'. Kereta privat tersebut pernah digunakan Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan ke daerah Sukabumi, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Sesuai dengan namanya, Gerbong Jawa menyediakan bangku sofa yang memanjang lengkap dengan bantal-bantal kecil dan ornamen-ornamen tradisional khas Jawa. Kereta ini murni hasil karya anak bangsa, dan telah beroperasi sejak tahun 1998.

Di ruangan gerbong itu juga terdapat fasilitas telvisi dan sound system untuk menonton film atau karaoke. Bergeser ke bagian belakang ruangan, tersedia pula sebuah ruangan khusus berisikan meja makan dan bar mini untuk menjamu paru penumpang.

Baca Juga: Kesulitan karena ASI-nya Tidak Lancar, Ini yang Dilakukan Rinni Wulandari

Menurut penuturan Manager Transport & Hospitality PT KA Pariwisata Syarifah Safia, kelebihan gerbong Jawa ini karena terdapat ruang istirahat seperti kamar tidur dan wastafel.

"Pak Jokowi biasanya memilih Gerbong Bali dan Gerbong Jawa. Kemarin beliau naik Gerbong Jawa karena ada tempat tidur untuk beliau berganti pakaian," ujar wanita yang akrab disapa Evi itu.

Untuk kapasitasnya sendiri, Kereta Api Wisata Gerbong Jawa bisa ditumpangi 20 hingga 28 orang. Pilihan rutenya pun cukup beragam. Mulai dari Jakarta - Bandung, Jakarta-Semarang, dan yang paling jauh adalah Jakarta-Malang.

Evi mengatakan, dulunya gerbong kereta ini hanya digunakan oleh presiden ketika hendak melakukan kunjungan daerah. Namun karena sejumlah alasan, PT. Kereta Api Pariwisata memutuskan untuk mengomersialkan gerbong tersebut.

"Kami jadikan kereta wisata komersial karena kalau didiamkan bisa merusak mesin kereta dan interiornya pun akan kotor. Kereta ini kan terbilang, jadi harus terus dioperasikan secara rutin," imbuhnya.

Lalu berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk menjajal kereta wisata berfasiltas mewah tersebut?

"Sebetulnya ada beberapa pilihan gerbong, ada gerbong priority atau imperial yang sering digunakan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Tapi kalau Gerbong Jawa ini memang harus melalui sistem booking atau charter, biayanya Rp17-Rp29 juta tergantung rutenya," tukas Evi.

Bagaimana Okezoners? Kereta api wisata ini bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang ingin merasakan sensasi liburan berbeda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini