Niat Olahraga Pagi Enggak Cuma Omdo, Lakukan 5 Hal Ini Sehari Sebelumnya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 06 Agustus 2018 08:57 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 06 481 1932250 niat-olahraga-pagi-enggak-cuma-omdo-lakukan-5-hal-ini-sehari-sebelumnya-OQzFttb40l.jpg Olahraga (Telegraph)

APAKAH Anda selalu berniat ingin olahraga pagi? Tapi, faktanya, rasa malas dan mager (malas gerak, Red) lebih besar dari semangat berolahraga, bukan begitu?

Olahraga pagi padahal menjadi bagian yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, setidaknya tubuh tetap fit dan metabolisme semakin membaik. Kembali, usaha untuk bergerak di pagi hari sepertinya sangat sulit. Terlebih ketika udara di pagi hari sejuk dan dingin, penginnya tidur dan bermalas-malasan di atas kasur.

Eits! Jangan khawatir, ada cara mudah untuk bisa membangkitkan semangat berolahraga tersebut. Seperti dikutip Okezone dari Time, Senin (6/8/2018). Ada 5 cara mudah untuk bisa berolahraga di pagi hari

 Baca juga: Terkait Masalah Kehalalan, Menkes: Program Imunisasi Rubella Tetap Berjalan

Olahraga

1. Makan dengan benar malam sebelumnya

Makanan yang Anda makan malam sebelum sesi berkeringat akan berdampak pada perasaan Anda ketika Anda pergi ke gym atau berolahraga sendiri di rumah pagi hari. "Jika Anda memotong roti meatloaf dan bawang putih yang ditinggalkan ibu pada pukul 9 malam, kemungkinan besar Anda akan terbangun dengan perasaan seperti sepotong daging yang lamban," kata Noah Neiman, pelatih utama di Barry's Bootcamp di Kota New York.

Buatlah kesepakatan dengan diri sendiri untuk makan protein tanpa lemak, sayuran, dan lemak sehat sehingga Anda bangun dengan perasaan kenyang, tidak lelah, dan kotor. Pastikan untuk menyelesaikan setidaknya 90 menit sebelum Anda mencapai rumput kering, kata Leslie Bonci, RD, pendiri dari Active Eating Advice dan direktur nutrisi olahraga di University of Pittsburgh Medical Center. “Ini memberi waktu bagi perut Anda untuk mencerna makanan sehingga tidak ada pesta ketika Anda mencoba tidur siang," terangnya.

 Baca juga: Menjajal Kereta Wisata yang Ditumpangi Presiden Joko Widodo, Tak Kalah Keren dari Pesawat

Gym (Shutterstock)

2. Membujuk diri untuk tidur lebih awal

Akan lebih mudah untuk bangun dari tempat tidur di pagi hari jika Anda sudah memasukkan 7 jam tidur yang direkomendasikan oleh pakar Anda, jadi Anda perlu meretas jam bangun internal tubuh Anda.

Apa artinya itu sebenarnya? "Tubuh memiliki ritme sirkadian internal yang jika Anda melakukan yang terbaik untuk tidak mengganggu, itu membuat bangun di pagi hari jauh lebih mudah," jelas Joe Holder, Nike + Trainer, Nike Run Coach, dan pelatih di S10 Training di New York City.

Hal yang mesti diperhatikan di sini ialah batasi penggunaan ponsel, komputer, dan TV sebelum tidur sehingga cahaya biru tidak menggangu tidur Anda.

 

3. Temukan goal yang Anda inginkan

Kegembiraan akan membantu Anda bangkit dan keluar; itu bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti daftar apa yang membuat Anda bahagia. “Tubuh Anda adalah mesin yang sangat mudah beradaptasi yang merespons stimulus yang Anda berikan,” kata Neiman. “Jika Anda dapat memotivasi diri sendiri, yang selalu merupakan bentuk motivasi terkuat, dan cukup ke gym atau memulai latihan Anda setiap pagi; tubuh Anda akan beradaptasi, membuatnya lebih mudah untuk secara rutin memutus keringat pagi hari itu.

 Baca juga: 7 Asupan Ini Akan Bantu Anda Lebih Berkonsentrasi, Gak Susah Dicari Kok

4. Memiliki teman latihan pagi hari

Anda mungkin memiliki teman yang sudah bangun di pagi hari untuk berolahraga, atau ingin mulai melakukannya. Nah, buat rencana untuk bertemu dengannya di gym atau kelas yang akan membuat Anda bertanggung jawab. "Anda akan merasa "ditagih" ketika Anda tahu seseorang sedang menunggu Anda dan Anda bahkan akan mendapat manfaat dari interaksi sosial ini, terlepas dari seberapa cepat atau berkeringatnya itu," kata Liz Barnet, instruktur kekuatan kepala di Uplift Studios di New York City.

5. Atur pagi Anda sebelumnya

Semakin sedikit Anda harus memikirkan ketika alarm berbunyi, maka itu semakin baik. "Baringkan sepatu dan pakaian Anda di malam hari," kata Kristin McGee, instruktur yoga dan pilates selebriti di New York City. “Miliki camilan pra-olahraga sebelum pergi dan atur teko kopi untuk mulai mendidih pada saat yang sama dengan alarm Anda. Setelah Anda bangun tidur, semuanya sudah siap untuk Anda," paparnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini