nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Cara Tak Biasa untuk Mengatasi Masalah Susah Tidur Nyenyak

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 06 Agustus 2018 16:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 06 481 1932402 4-cara-tak-biasa-untuk-mengatasi-masalah-susah-tidur-nyenyak-07QDV8oxmU.jpg Ilustrasi (Foto: Inquisitr)

TAK sedikit orang sulit tidur nyenyak setiap malam. Tapi kebiasaan itu jangan diabaikan, karena bisa mengganggu kondisi kesehatanmu.

Saat mengalaminya, sebaiknya kamu segera mencari solusinya. Saat kamu merasa sulit tidur nyenyak, bangun pagi rasanya tubuh kurang bugar.

Badan jadi pegal-pegal, bahkan rasanya masih ngantuk. Aktivitas pun jadi terganggu karena tubuh sangat letih sekali.

Kurang tidur juga dapat menyebabkan depresi, ketidakseimbangan hormon dan penyakit kronis lainnya, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Padahal kalau kamu selalu tidur nyenyak akan membantumu bergerak aktif dan tidak akan merasa lelah. Tentunya kamu juga akan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Banyak cara yang dapat membuat tidurmu jadi nyenyak sepanjang malam. Selain menjauhi kegiatan yang bikin cemas jelang tidur, kamu bisa melakukan cara lainnya. Dilansir Okezone dari Thehealthsite, Senin (6/8/2018), berikut adalah empat caranya yang dijamin dapat membantumu bisa tidur nyenyak. Lakukan yuk!

1. Kemah saat akhir pekan

Kamu butuh liburan singkat agar lebih mudah tenang. Salah satu caranya cobalah pergi berkemah. Bangunlah tenda di hutan yang sepi, lalu coba tenangkan dirimu. Kamu butuh mengatur ritme sirkadian atau jam tidur, yang tergantung pada paparan sinar matahari.

2. Jangan tidur dekat dengan jam

Tidurlah dengan tenang, jangan terpaku dengan jam. Kalau ada jam di sampingmu rasanya jadi cemas. Kamu akan selalu mengecek jam atau malah terbangun di malam hari. Tanpa disadari, kebiasaan itu bisa membuatmu sulit tidur nyenyak sepanjang malam.

Insomnia

3. Lakukan detoks

Kebiasaan detoks dapat meningkatkan sirkulasi darah menjadi lancar. Kamu juga lebih mudah berpikir positif dan bebas stres. Detoks dapat dilakukan dengan konsumsi makanan sehat atau olahraga ringan. Dengan cara itu, kamu akan mudah tidur nyenyak tanpa ada gangguan dari manapun.

4. Bayangkan kamu berada di tempat lain

Jika Anda terus-menerus cemas dan berguling-guling di kasur, coba tenangkan diri. Berfantasilah, bayangkan kamu jalan kaki di tepian pantai atau tengah melakukan liburan di gunung. Cara ini bikin kamu lebih bahagia dan merasa tenang. Tak lama kemudian, kamu akan cepat tidur.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini