nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makan Jangkrik Bisa Cegah Kamu Kena Sembelit, Kok Bisa?

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 06 Agustus 2018 14:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 06 481 1932406 makan-jangkrik-bisa-cegah-kamu-kena-sembelit-kok-bisa-yWZdIdo4UO.jpg Serangga (Foto: Marxfoods)

JANGKRIK salah satu jenis serangga yang bisa dimakan lho. Meski terkesan menjijikkan, tapi binatang tersebut bisa membuatmu mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lain. Kok bisa?

Sembelit salah satu gangguan pencernaan yang paling kerap dialami banyak orang. Apalagi bagi ibu hamil karena terjadinya perubahan hormonal dan terlalu berlebihan konsumsi suplemen zat besi.

Saat sembelit rasanya akan tidak nyaman, biasanya disebabkan karena seringnya menahan buang air besar atau jarang konsumsi makanan bersumber serat.

 BACA JUGA:

Minus hingga 4 Derajat, Kawasan Gunung Bromo Diselimuti Salju

Nah, kini kamu bisa mengatasinya dengan cara unik. Salah satunya ialah makan jangkrik yang diklaim dapat membantu membuat melancarkan sistem pencernaan.

Berdasarkan sebuah penelitian di Universitas Wisconsin disebutkan jangkrik jenis serangga yang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus seseorang saat dikonsumsi. Sebab, jangkrik diklaim menjadi sumber serat yang bermanfaat bagi bakteri di dalam usus.

 

Studi itu melibatkan beberapa sukarelawan yang mau makan jangkrik. Paling tidak serangga itu digoreng renyah dan dibumbui. Penelitian tersebut dilakukan selama beberapa waktu.

Responden diperiksa kondisinya saat sebelum dan sesudah makan jangkrik. Mereka dites seputar metrik kesehatan, sampel tinja, serta para peneliti mengumpulkan sampel darah relawan.

Dilansir Okezone dari Thehealthsite, Selasa (6/8/2018), temuan mengungkapkan bahwa relawan mengalami pengurangan protein inflamasi dan peningkatan enzim, yang terkait dengan kesehatan usus. Ada dorongan yang meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Ini fungsinya hampir mirip seperti makan yoghurt.

Nah, sebelum ada studi ini banyak orang tidak tahu efek baik dari makan jangkrik. Karena selama ini pasti kamu mengenal makanan yang menjadi sumber serat dikenal dari aneka sayuran dan buah. Seperti buah apel, semangka, buah naga, pisang, pir, melon, jeruk, kacang-kacangan, biji-bijian, aneka sayuran hijau, wortel, kembang kol, labu dan sebagainya.

 BACA JUGA:

Festival Budaya Dieng 2018, Sebelum Dicukur Anak Gimbal Dijamas

Selain baik untuk sistem pencernaan, jika kamu rajin konsumsi makanan bersumber serat itu juga akan dapat menghilangkan risiko diabetes tipe 2, stroke, dan penyakit kardiovaskular. Lebih penting lagi, jika kamu rutin menyertakan makanan kaya serat setiap hari, pasti akan mampu menurunkan berat badan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini