Share

Banyak Tantangan Berbahaya di Medsos seperti Momo Challange, Moms Yuk Ajari Anak Selektif

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 07 Agustus 2018 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 07 196 1932837 banyak-tantangan-berbahaya-di-medsos-seperti-momo-challange-moms-yuk-ajari-anak-selektif-NifrKl4t5U.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BELUM selesai masalah Kiki Challenge yang membahayakan pelakunya, karena menari di jalanan dengan mobil yang tetap berjalan, kini kembali muncul sebuah tantangan yang bahkan telah merenggut nyawa seorang anak perempuan berusia 12 tahun, yaitu Momo challenge. Apa itu Momo challenge?

Seperti yang dilansir Okezone dari laman The Sun, Selasa (7/8/2018), Momo adalah tantangan atau permainan yang berpotensi mengajak bunuh diri lewat media sosial, yang sedang jadi perhatian karena telah mengambil nyawa seorang anak perempuan. Awalnya, Momo Challenge ini dimulai di Facebook, orang-orang ditantang untuk berkomunikasi dengan nomor yang tidak diketahui.

Bagi orang yang penakut, melihat avatar atau foto Momo saja sudah pasti tidak akan berani menatap lama-lama. Pasalnya, Momo digambarkan seorang perempuan yang memiliki wajah menyeramkan, karena matanya bulat terbelalak tanpa kelopak, lubang hidung tanpa batang, mulut tanpa bibir yang sangat lebar hingga menyamping membelah pipi, rambutnya panjang tipis, dengan dahi yang lebar ditutupi beberapa helai poni.

Baca Juga: Astaga! Bir Hitam Ini Terbuat dari Miss V Para Model Pakaian Dalam, Tertarik Mencicipinya?

Momo

Momo akan menanggapi panggilan dengan gambar kekerasan sambil memberikan perintah. Bila pemain menolak untuk mengikuti perintah permainan, maka dirinya bisa merasa terancam.

Tantangan ini tentu mengkhawatirkan, karena tidak sedikit pula orangtua yang memberikan ponsel pada anak mereka. Lantas, bagaimana tindakan yang bisa dilakukan orangtua agar anak-anak mereka terhindar dari Momo Challenge?

Jawabannya, yaitu dengan mengajak mengobrol santai. Sebab, sulit mengawasi anak sepenuhnya, terlebih bagi orangtua yang bekerja penuh waktu di luar rumah, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Baca Juga: 5 Outfit Nagita Slavina Ini Harganya Selangit, Paling Mahal Seharga Rp672 Juta!

Hal pertama yang bisa dilakukan orangtua pada anaknya, mula-mula ciptakan terlebih dahulu situasi yang membuat anak nyaman. Pastikan Anda berdua memiliki waktu yang pas untuk berbicara, suasananya santai, dan mengalir saja, karena bukan interogasi.

Selanjutnya, orangtua bisa menghormati pendapat anak dengan mendengarkan tanggapan atau kekhawatirannya. Ingat, pada percakapan ini hindari Anda saja yang berbicara, sebab mereka pun perlu didengar.

Orangtua pun bisa melatih anak-anak mereka untuk mengatakan tidak atau menolak ajakan memenuhi tantangan apapun dari teman-temannya. Latih anak menghadapi tekanan teman sebaya dan temukan cara alternatif untuk kembali membangun kepercayaan diri anak.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya orangtua mesti mampu memastikan dan membuat anaknya percaya pada mereka. Sehingga, ketika merasa butuh bantuan atau teman untuk membicarakan kekhawatiran, anak-anak langsung mencari Anda orangtuanya.

Namun, jika Anda sendiri yang mengalami atau mendapat tantangan Momo challenge, perlu Anda ingat untuk tidak perlu melakukannya. Ya, jika Anda merasa tidak nyaman melakukan apa yang dilakukan teman-teman, sarankan pada mereka untuk melakukan hal lain saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini