4 Tanda Anak Mulai Bosan Bermain, Istirahat Itu Perlu Loh

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 08 Agustus 2018 03:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 07 196 1933243 4-tanda-anak-mulai-bosan-bermain-istirahat-itu-perlu-loh-XMH6680MQL.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANAK usia balita pasti cepat bosan bermain. Oleh karenanya, sebaiknya jika anak sudah bosan bermain, maka kegiatan tersebut baiknya disudahi dan alihkan dengan hal lainnya.

Tapi terkadang orangtua tidak memahami seperti apa ciri-cirinya saat si kecil mulai bosan bermain. Padahal lihat saja, saat konsentrasinya mulai hilang atau cepat terdistraksi dengan apa yang dilihat di sekitarnga, bisa jadi mereka bosan.

Padahal anak bermain suasananya harus menyenangkan dan nyaman. Jangan terkesan memaksa si kecil untuk menyelesaikan tugasnya lewat permainan.

Kini Anda jangan khawatir lagi kalau si kecil mulai terlihat bosan bermain. Spesialis Konsultan Tumbuh Kembang Anak dr Bernie Endyarni Medise SpA(K) memberi tahunya lewat ulasan berikut, dirangkum Okezone.

Baca Juga: Astaga! Bir Hitam Ini Terbuat dari Miss V Para Model Pakaian Dalam, Tertarik Mencicipinya?

1. Gagal fokus

Di usia 2 tahun kemampuan fokusnya saat beraktivitas paling lama 5 menit. Tapi ketika ada interaksi dia pasti langsung respon. Nah, bedakan dengan tandanya jika si kecil bosan. Di samping gagal fokus, biasanya dia cepat terdistraksi dengan hal lain di sekitarnya.

"Membuat agar anak fokus itu mudah sebenarnya. Ajak dia interaksi sambil main. Tapi kalau misalnya tidak mempan, bisa jadi dia bosan," ujarnya saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Dandanan Marion Jola Dinilai seperti Wanita Usia 30-an, Ini yang Bikin Wajahnya Berubah!

2. Tampak mengantuk

Mungkin si kecil bosan bermain karena disebabkan dia mengantuk. Wajahnya terasa lesu dan sulit fokus. Segera hentikan kegiatan bermainnya, lalu ajak dia istirahat, kalau perlu ajak tidur segera.

3. Terlihat gelisah

Ciri-ciri anak bosan biasanya ditandai dengan ekspresi wajah gelisah. Tapi sayang, orangtua jarang yang memahami tanda ini."Saat anak tampak gelisah, coba ibunya atau ayahnya segera ajak bereskan mainannya sampai rapi," tambah dia.

Kemudian beri dia minum air putih atau makanan ringan kesukaannya. Dilanjut lakukan kegiatan lainnya yang bikin si kecil kembali senang.

4. Rewel

Karena gelisah terlalu lama, anak bisa rewel kalau kelamaan bermain. Dia cenderung lekas marah atau tiba-tiba menangis. Kalau si kecil menunjukkan tanda ini di sela-sela bermain, pastikan ajak dia istirahat. Jangan paksa anak untuk tetap bermain, apalagi kalau Anda punya banyak kegiatan di rumah yang tidam ingin diganggu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini