nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dokter Asal Amerika Berbagi 4 Alasan Kamu Susah Tidur, Coba Diikuti Sarannya

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 08 Agustus 2018 03:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 07 196 1933254 dokter-asal-amerika-berbagai-4-alasan-kamu-susah-tidur-coba-diikuti-sarannya-mXf8mo8PVK.jpg Ilustrasi Tidur. (Foto: Homebt)

AKTIVITAS yang padat pasti membuat kamu ingin tidur lebih cepat, agar dapat bangun lebih pagi. Sayangnya, banyak gangguan yang akhirnya membuat kamu tidak bisa tidur.

Keluhan ini selalu dialami banyak kalangan, apalagi bagi kamu yang tinggal di kota besar. Gaya hidup sehat rasanya jarang diterapkan, terlebih membiasakan diri tidur tepat waktu.

Sleep Doctor dari Amerika Serikat Dr Michael Breus, PhD, mengungkapkan, banyak faktor yang memicu masalah ini dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa hal harus kamu simak lebih lengkapnya, lewat ulasan berikut ini yang dirangkum Okezone.

Baca Juga: Dandanan Marion Jola Dinilai seperti Wanita Usia 30-an, Ini yang Bikin Wajahnya Berubah!

1. Berselancar di dunia maya dan media sosial

Dr Breus mengatakan, banyak orang saat ini hidupnya tak lepas dari penggunaan gawai. Terlebih mencari banyak informasi lewat media sosial. Setiap detik saat buka handphone pertama kali, aplikasi yang dipilih yakni media sosial.

Tahukah kamu, saat terlalu sering membuka handphone, sinar radiasinya dapat mengganggu mata. Ini dapat menonaktifkan hormon melatonin yang seharusnya membuat otak lebih rileks.

"Sayangnya, banyak orang tidak peduli dengan efek radiasi cahaya smartphone. Produksi melatonin hampir sedikit dan pasti bikin sulit tidur cepat di malam hari," tutur Dr Breus di sela acara Princess Cruise di kawasan Kuningan.

2. Kebiasaan menonton televisi

Sebelum tidur banyak juga orang yang terbiasa menonton televisi untuk mencari hiburan. Namun sayang, ternyata kebiasaan itu dapat mengganggu jam tidur. Kamu akan lebih terjaga, apalagi kalau tayangan film atau program televisi favorit asyik diikuti. Di samping itu, paparan cahaya televisi juga dapat mengganggu mata yang seharusnya istirahat di malam hari.

3. Cemas dan stres

Karena kondisi tertentu, kamu bisa mudah cemas dan ujung-ujungnya stres. Rupanya hal itu dapat mengganggu jam tidur di malam hari. Seharusnya otak jadi lebih rileks karena sudah mengurangi aktivitas. Tapi karena cemas, pasti rasanya tidak bikin kamu nyaman.

"Kondisi stres bisa juga menurunkan produksi hormon melatonin. Akhirnya, jadi tidak rileks dan sulit tidur nyenyak di malam hari," terang Dr Breus.

4. Gangguan kadar gula darah

Kamu mungkin juga pernah tiba-tiba bangun tengah malam. Tapi kebiasaan ini sayangnya kerap diabaikan. Waspadai ya!

Dr Breus mengatakan, saat orang terbiasa bangun tengah malam tanpa sebab, bisa jadi mengalami gangguan kadar gula darah. Untuk mengatasi, kamu dianjurkan minum satu sendok teh madu murni 30 menit sebelum tidur. "Minum madu fungsinya bisa membuat gula darah stabil selama kita tidur," pungkasnya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini