nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inggris Keluarkan Travel Advice ke Lombok dan Bali Terkait Gempa Bumi

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 07 Agustus 2018 12:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 07 406 1932911 inggris-keluarkan-travel-advice-ke-lombok-dan-bali-terkait-gempa-bumi-wXYWk3YV0O.JPG Ilustrasi (Foto: Standard)

BENCANA alam gempa bumi yang terjadi di kawasan Lombok dan Bali mengundang perhatian dari dunia. Terlebih kedua kawasan tersebut cukup sering didatangi oleh wisatawan mancanegara. Beberapa negara ada yang mengeluarkan travel advice atau saran perjalanan terkait kejadian ini. Salah satunya adalah Inggris.

Melalui laman resmi, pemerintah Inggris melalui Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran (FCO) memberikan saran agar warga negaranya menunda perjalanan ke Lombok. Selain itu pemerintah juga memberikan arahan kepada warga negara Inggris yang kebetulan lagi berlibur ke sana. Berikut bunyi travel advice seperti yang dikutip Okezone, Selasa (7/8/2018):

"Foreign and Commonwealth Office (FCO) menyarankan menunda semua perjalanan penting ke Kepulauan Gili (Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air), di lepas pantai barat laut Lombok. Setelah gempa berkekuatan 6,9 di wilayah itu pada 5 Agustus, ada risiko gempa susulan yang dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada bangunan dan menimbulkan risiko terhadap keselamatan. Jika terjadi cedera serius, akses segera ke bantuan medis di pulau sangat terbatas. Pihak berwenang di Indonesia bekerja untuk membantu orang-orang meninggalkan Kepulauan Gili dengan menggunakan perahu ke Lombok jika mereka ingin melakukannya."

Pemerintah juga memberikan penjelasan bila setelah serangkaian gempa bumi pada 29 Juli 2018, di bagian timur laut Lombok kembali terjadi gempa berkekuatan lebih lanjut yaitu 6,9 SR yang diikuti oleh sejumlah gempa bumi susulan yang lebih kecil di wilayah yang sama. Mereka mengatakan terus berhubungan dengan pihak berwenang di Indonesia untuk melakukan evakuasi. Tak lupa mereka menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi.

evakuasi wisatawan dari gili

Selain itu, pemerintah memberi saran agar warga negaranya yang berada di wilayah yang terkena bencana harus berhati-hati, memantau media lokal, bekerja sama dengan perusahaan perjalanan, hotel atau wisma, serta mengikuti saran dari pemerintah setempat. Mereka juga meminta agar warga negara Inggris tetap terhubung dengan keluarga dan teman serta menginformasikan kabar terbaru jika memungkinkan.

FCO juga mengeluarkan imbauan bagi warga negaranya yang hendak melakukan perjalanan ke Bali atau Lombok dalam waktu dekat. Mereka diminta untuk menjaga rencana perjalanan, meminta saran dari penyedia transportasi dan akomodasi sebelum bepergian, serta memastikan mereka memiliki rencana cadangan dan asuransi perjalanan.

"Anda juga harus memerhatikan risiko gempa susulan dalam beberapa hari dan minggu mendatang. Bangunan mungkin menjadi rapuh karena gempa bumi dan lebih rentan roboh secara struktural akibat tanah berguncang selama gempa susulan. Pertimbangkan keamanan akomodasi, rute keluar, dan bahaya lainnya di sekitar Anda. Berhati-hatilah saat berada di dalam atau di sekitar bangunan yang berpotensi rusak dan waspadai kemungkinan terjatuhnya serpihan yang dapat menyebabkan cedera. Informasi lebih lanjut dan saran tentang pertimbangan keselamatan di zona gempa aktif tersedia dari Korps Penyelamatan Internasional," pungkas FCO.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini