nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seperti Ini Posisi Menyusui yang Baik agar Ibu dan Bayi Nyaman

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 07 Agustus 2018 15:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 07 481 1933021 seperti-ini-posisi-menyusui-yang-baik-agar-ibu-dan-bayi-nyaman-ts8h2EIjZF.jpg Menyusui (Foto: Shutterstock)

MENYUSUI anak bukan hal yang mudah. Terlebih pada ibu yang baru pertama kali memiliki anak. Makanya, sangat disarankan untuk setiap ibu yang akan memiliki anak agar mau belajar bagaimana menyusui yang benar supaya nantinya si anak mendapatkan ASI terbaik.

Tapi, kekhawatiran akan memberikan ASI pada anak pertama itu sangatlah tinggi. Banyak ibu muda atau ibu anak pertama yang kemudian takut hingga akhirnya terjadilah masalah baru; ASI sedikit.

Ya, dijelaskan Dokter Spesialis Kesehatan Anak DR. dr. Naomi Estherina Dewanto, Sp. A (K), salah satu penyebab kenapa akhirnya muncul masalah ini adalah mindset yang keliru. "Banyak ibu muda yang belum mencoba sudah stres yang akhirnya memengaruhi produksi ASI tubuhnya," terang dr Naomi, Senin (6/8/2018).

 BACA JUGA:

Media Sosial Membuat Anak-Anak Memiliki Mental Usia 3 Tahun

Dr Naomi melanjutkan, selain itu, tekanan dari suami atau mertua juga bisa menjadi penyebab lain masalah ini muncul. Tidak bisa dipungkiri, ads beberapa suami yang menilai ketika anaknya nangis terus, dia akhirnya meminta sang istri memberikan susu formula saja dibandingkan harus melihat anaknya yang tidak puas akibat ASI sang istri sedikit. Pun kasusnya terjadi pada mertua.

Kondisi semacam ini ternyata juga memengaruhi mental sang istri. "Mental istri pasti langsung jeblok kalau udah denger kalimat ini. Makanya saya menghimbau agar semua anggota keluarga mau mendukung pemberian ASI ekslusif dan jangan langsung berpasrah pada susu formula," kata dr Naomi.

Dr Naomi menegaskan bahwa untuk para ibu yang baru pertama kali menyusui, sangat wajar ketika Anda satu atau dua hari mencoba menyusui anak tapi ASI-nya tidak keluar. "Tenang, menyusui adalah sebuah proses dan jangan langsung patah semangat ketika hari-hari pertama melahirkan, payudara Anda belum menghasilkan ASI yang banyak," tambahnya.

 

Di sisi lain, masalah ASI sedikit ini juga bisa disebabkan karena saat memberikan ASI pada si bayi, posisi ibu atau bayinya tidak tepat. Alhasil, produksi ASI menjadi sedikit. Tidak hanya itu, salah posisi juga bisa menyebabkan puting payudara lecet.

Nah, pada Okezone, dr Naomi coba menjelaskan bagaimana posisi menyusui yang paling baik dan berikut panduannya:

1. Usahakan untuk dagu si bayi menempel pada payudara ibu. Hal ini berkaitan dengan kesempurnaan posisi puting dengan mulut bayi.

2. Pastikan mulut bayi terbuka lebar. Sebab, dengan posisi seperti itu, si bayi akan sampai pada bagian areola payudara ibunya yang mana itu merupakan sumber utama ASI.

3. Perhatikan dengan baik bahwa posisi perut si bayi sejajar dengan perut ibu. Ini pun berkaitan dengan letak mulut si bayi pada puting.

4. Jika dirasa perlu, pastikan telinga di bayi sejajar dengan bahu ibu. Ini pun berkaitan dengan kenyamanan si anak saat menyusui dan memastikan si anak menempatkan mulut pada area payudara yang benar.

 BACA JUGA:

Melahirkan di Tengah Kekalutan Gempa Lombok, Momen Lahirnya Bayi "Gempa" Viral

Dr Naomi menambahkan bahwa jangan pernah berpikiran bahwa ibu memiliki ASI sedikit. "Tidak ada istilah itu. Setiap ibu pasti bisa menyusui dan akan menghasilkan ASI yang cukup untuk anaknya. Hal-hal yang telah disebutkan yang harus diperhatikan dan akan menentukan bagaimana produksi ASI berlangsung," papar dr Naomi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini