nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerdas Pilih Kosmetik Hindari Wajah Rusak dari Bahaya Alergi

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 08 Agustus 2018 13:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 08 194 1933474 cerdas-pilih-kosmetik-hindari-wajah-rusak-dari-bahaya-alergi-Xjh1ITOZcY.jpg Cerdas pilih kosmetik untuk hindari bahaya alergi (Foto:Ikustrasi/Ist)

KOSMETIK menjadi salah satu kebutuhan perempuan yang terbilang pokok. Selain untuk menarik perhatian lawan jenis bagi sebagian perempuan, kosmetik dipilih sebagai cara untuk membuat penampilan lebih segar dan berbeda sesuai dengan kesempatan yang dihadiri.

Sayangnya, banyak perempuan yang kerap mengganti kosmetiknya, karena ingin mencoba merek berbeda yang diharapkan mampu memberikan manfaat lebih baik dari kosmetik yang sebelumnya. Namun, tidak sedikit pula karena hal itu, wajah menjadi memberikan reaksi, yang tidak disadari oleh perempuan, padahal di saat yang bersamaan wajahnya sedang dalam bahaya iritasi atau alergi.

Dihimpun Okezone dari berbagai sumber, Rabu (8/8/2018), dari kosmetik yang tidak cocok di kulit wajah bisa saja menimbulkan iritasi, yang dimulai dengan rasa gatal, menyengat, hingga kulit terasa seperti terbakar. Warna kulit wajah yang iritasi pun tidak wajar, karena terlihat kemerahan khususnya di area tempat diaplikasikannya produk.

Bukan Hanya Akad, Momentum Romantis Penikahan Tasya-Randi Ini Bikin Netizen Baper

Reaksi lainnya yang bisa ditunjukkan kulit wajah dampak dari kosmetik yang tidak cocok ialah kulit terlihat dan terasa kering atau bahkan terluka karena sudah terlalu kering. Jika sudah seperti ini, artinya wajah sudah kehilangan sebagian dari perlindungan alaminya terhadap iritasi. Selanjutnya, jika kamu biarkan terus terjadi iritasi seperti ini, maka siap-siap untuk melihat reaksi yang lebih keras lagi.

Kulit yang sensitif dan tidak cocok dengan kosmetik yang digunakan pun bisa saja terkena alergi. Tanda-tandanya masih mirip dengan iritasi, yaitu wajah jadi kemerahan, disertai bengkak, gatal, atau bahkan kulit wajah bisa lecet. Biasanya, kosmetik yang mampu memicu iritasi dan alergi adalah produk yang mengandung wewangian dan pengawet, yang paling umum adalah parabens, imidazolidinil urea, quaternium 15, DMDM hydantoin, phenoxythanol, methylchloroisothiazolinone, dan formaldehida.

Produk yang mengandung wewangian atau parfum dan pengawet bisa kamu lihat dari kandungan yang tertulis pada kemasan kosmetik dan dapat pula langsung menghirup aromanya. Namun, biasanya produk-produk kosmetik yang bisa memicu alergi atau iritasi itu, di antaranya sabun mandi, deterjen, antiperspirant, riasan mata, pelembab, losion yang mengandung glyceryl monothioglycolate, sampo, cat kuku yang mengandung formaldehida, lem kuku yang mendung metakrilat, dan pewarna rambut.

Mau Dilirik Wanita? Jangan Cuma Modal Tampang Doang!

Di sisi lain, produk kecantikan atau kosmetik yang mengandung konsentrasi asam alfa hidroksil (AHA) kuat ternyata juga dapat menyebabkan masalah pada kulit wajah, seperti kulit kemerahan, bengkak, terlihat melepuh, ruam, dan gatal-gatal. Pemakaian serum anti kerutan, krim tretinoin pun perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan dermatitis kontak iritan, dan tabir surya tanpa Anda sadari pun bagi sebagian orang bisa berdampak alergi, maka sebelum memilih tabir surya terbaik untuk melindungi kulit dari sinar matahari, konsultasikan dulu dengan dokter kulit. Carilah tabir surya yang mengandung zinc pxide atau titanium dioxide, yang biasanya tidak menyebabkan reaksi alergi.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini