Tips Memilih Pembersih Wajah dari Dermatologis dalam 3 Langkah

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Rabu 08 Agustus 2018 12:26 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 08 196 1933414 tips-memilih-pembersih-wajah-dari-dermatologis-dalam-3-langkah-EzguxXG7Iz.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERNAHKAH Anda kebingungan dalam memilih produk kebersihan dan kecantikan mana yang harus dipilih untuk memberikan hasil yang memuaskan. Beberapa orang yang memiliki kulit sensitif, cenderung bingung dan takut dalam mencoba beberapa produk baru yang dinilai bisa membuat kulit Anda cerah dan sehat.

Ahli dermatologis dr R. Roger Aruan Sp.KK, mengimbau para masyarakat agar lebih cerdas dan berhati-hati dalam membeli sebuah produk. Hal ini akan membantu Anda menghindari berbagai reaksi kulit dan wajah yang dimiliki seseorang.

Apalagi, saat ini banyak produk memperkenalkan black charcoal, yang diklaim mampu membersihkan tubuh dari berbagai macam kotoran dan debu. Alhasil produk seperti shampo, pembersih wajah, masker bahkan sabun, menggunakan black charcoal sebagai bahan utamanya.

Baca Juga: Pasta Gigi Bisa Dipakai untuk Mengencangkan Payudara, Benarkah?

Meski demikian, masih banyak orang yang masih belum mengetahui tentang manfaat utama black charcoal untuk kesehatan. Sebagaimana diketahui black charcoal berfungsi mengangkat kotoran dan polusi dari pori-pori terdalam kulit. Selain itu charcoal dipercaya bisa menyerap keringat berlebih dan bisa dijadikan penangkal antibakteri.

Ahli dermatologi, dr R. Roger Aruan Sp.KK menjelaskan, black charcoal sudah lama dipercaya dapat menyerap zat-zat yang berbahaya bagi tubuh termasuk polutan, debu, kotoran, bakteri atau zat kimia lainnya.

Namun, meski memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia, dia mengimbau bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan tidak boleh dilupakan. Rajin mencuci muka dan membersihkan tubuh, merupakan cara efektif untuk memiliki kulit dan wajah yang indah berseri.

Baca Juga: Foto-Foto Transformasi Nissa Sabyan, Berseragam Pramuka hingga Tampil Kece Badai

Dr Roger pun membagikan tiga tips yang baik dan benar dalam memilih produk kebersihan atau kecantikan, supaya kulit Anda tidak rusak dan mengalami efek samping.

1. Mengetahui secara jelas karakteristik kulit Anda.

2. Memilih produk kebersihan atau kecantikan yang memprioritaskan kesehatan kulit sebagai pilar utamanya.

3. Berani mencoba berbagai produk untuk melihat reaksinya terhadap kulit Anda.

Selain pembersih wajah, salah satu yang juga harus diperhatikan adalah penggunaan deodoran secara terus menerus. Pada dasarnya, penggunaan deodoran secara terus menerus sebenarnya tidak menimbulkan masalah, asalkan dapat menerapkannya dengan cara yang benar.

Pasalnya, lipatan ketiak memiliki kelenjar yang bernama apokrin. Kelenjar ini lebih rentan terhadap polutan sehingga menimbulkan bau badan. "Jika sudah berlebih Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan deodoran,” kata Roger.

“Waktu yang tepat untuk menggunakannya adalah sehabis mandi. Anda harus mengeringkan bagian tubuh yang hendak diolesi deodoran. Setelah mengoleskan, tunggulah sekira 4-10 menit hingga deodroan tersebut meresap pada kulit ketiak sebelum mengenakan pakaian,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini