Jangan Berobat ke Rumah Sakit Sore Hari, Ini 6 Alasannya

Fakhri Rezy, Jurnalis · Kamis 09 Agustus 2018 04:39 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 08 196 1933783 jangan-berobat-ke-rumah-sakit-sore-hari-ini-6-alasannya-1tb9HDLjdw.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

RUMAH SAKIT merupakan tempat menyerahkan segala harapan kita untuk sembuh. Apalagi, hidup dan mati kita berada di tangan-tangan tenaga ahli di sana.

Sementara itu, pihak rumah sakit juga harus melayani segala jenis individu dan penyakit yang berbeda-beda. Hal ini membuat sering banyaknya kesalahan-kesalahan kecil tapi berakibat fatal, yang mungkin karena alasan kecapekan.

Oleh sebab itu, disarankan bila Anda ingin ke rumah sakit janganlah di waktu yang salah, seperti jam 3 Sore. Mengutip laman Reader digest, Jakarta, Kamis (8/9/2018), berikut beberapa alasan Anda jangan ke rumah sakit pada sore hari:

Baca Juga: 5 Wanita Cantik Super Pintar, Ada yang IQ-nya Tembus 200!

1. Pasang Surut Kinerja Rumah Sakit

Banyak perusahaan yang memiliki pemahaman akut tentang kemerosotan kinerja, terutama sekira jam 3 sore. Pasalnya, perasaan setelah makan siang di mana kelelahan terjadi dan produktivitas menurun.

Beberapa budaya menerapkan tidur siang yang membuat lebih konsentrasi. Namun, bila tidak atau hanya menggunakan makan siang saja membuat mereka menjadi lelah. Hal Ini membuat malapetaka untuk Rumah Sakit.

2. Dokter Anestesi Bisa Timbulkan Banyak Kesalahan

Bila Anda akan melakukan operasi, mintalah dijadwalkan sebelum jam 2 sore. Bila tidak, semoga Anda tidak menderita setelahnya.

Universitas Duke meninjau sekitar 90.000 operasi rumah sakit bahwa ahli anestesi lebih mungkin membuat kesalahan selama prosedur yang dimulai pada jam 3 sore dan jam 4 sore jam. Probabilitas kesalahan pada 9 pagi adalah 1 persen sedangkan jam 4 sore itu 4,2 persen.

Baca Juga: Begini Sosok Mertua Tasya Kamila yang Ternyata Sosialita Tajir, Temannya Kebanyakan Selebriti!

3. Pergantian Shift Rumah Sakit

Selain soal Anestesi, alasan pergantian shift kerja juga menjadi kendala bila mendatangi rumah sakit pada sore hari.

Ini adalah ketika shift baru mengambil alih, kadang-kadang tepat di tengah-tengah operasi. Hal ini bisa mengakibatkan miss dalam perubahan anestesi dan diagnosa dokternya.

4. Anda mungkin diresepkan antibiotik yang tidak perlu

Saat ini, kebanyakan orang tahu bahwa antibiotik bukanlah solusi untuk setiap penyakit. Bahkan, mereka sering lebih banyak kerugian daripada efek positif antibiotik.

Namun, satu studi yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine menemukan bahwa seiring berjalannya hari, dokter menjadi jauh lebih mungkin untuk meresepkan antibiotik, bahkan ketika mereka sama sekali tidak diperlukan, seperti dalam kasus virus.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini