Share

Hindari Pemborosan Makanan di Rumah, Terapkan 5 Cara Ini

Pradita Ananda, Okezone · Rabu 08 Agustus 2018 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 08 298 1933396 hindari-pemborosan-makanan-di-rumah-terapkan-5-cara-ini-0HGqv9vd09.jpg Hindari pemborosan makanan (Foto:Ist)

 

SEDARI kecil kita diajarkan untuk jangan suka membuang-buang makanan, maka dari itu biasanya para orangtua mengajarkan untuk selalu membiasakan diri agar menghabiskan makanan yang ada di piring agar tak ada makanan sisa yang terpaksa harus dibuang.

Membuang-buang makanan, ibaratnya seperti mencuri porsi jatah makan dari seseorang yang kekurangan dan tidak bisa makan dengan layak. Namun, terkadang perihal makanan sisa ini memang tak terhindarkan. Nah, jika Anda masih gagal untuk mencoba tak membuang-buang makanan dengan percuma, coba deh simak lima tips yang diuraikan di bawah ini untuk mengurangi pemborosan makanan di rumah.

 Tengok Manjanya Princess Syahrini Maju Mundur di Zebra Cross Jepang

1. Menyimpan makanan dengan tepat :

Menyimpan bahan makanan dan makanan itu sendiri dengan tepat, penting untuk dilakukan. Misalnya, jangan pernah menyimpan sayur-sayuran di kondisi lembap. Memahami semua produk makanan itu harus disimpan dengan cara sendiri-sendiri penting adanya, jika tak tahu cobalah untuk bertanya pada ibu atau nenek tentang cara menyimpan aneka produk makanan dengan baik dan tepat.

2. Belajar mengolah sisa makanan :

Jika Anda bukanlah tipe orang yang suka mengonsumsi kembali makanan sisa, maka olahlah sisa makanan tersebut sesuai dengan kebutuhan atau bahkan bisa juga dengan mencari tahu hidangan-hidangan baru apa yang bisa dimasak dari sisa-sisa makanan.

3. Memaksimalkan pemakaian :

Ketika mengupas bagian kulit, contohnya kulit kentang, kulit timun, atau kulit wortel, jika paham sebetulnyaa kulit-kulit ini juga mengandung kandungan nutrisi loh. Nah, maka dari itu lain kali ketika hendak memasak, coba cuci bagian kulit tersebut sampai benar-benar bersih sehingga bagian kulit sayur-sayuran atau buah itu bisa diolah juga menjadi sebuah hidangan, bukan langsung dibuang ke tempat sampah.

 Ini Kuku atau Gigi? Nail Art Unik yang Bikin Anda Bingung

4. Mengerti keterangan label produk :

Tahukah Anda, bahwa tanggal dari kedaluwarsa makanan yang tercetak tidak selalu tentang keamanan makanan. Mereka pada dasarnya adalah tanda peringatan untuk mengingatkan kita sebagai konsumen tentang kualitas makanan. Menurut para ahli makanan, jika disimpan dengan benar, banyak makanan yang bertahan lebih lama. Dengan kata lain selama makanan tersebut punya rasa dan aroma yang tetap enak, maka bisa saja dikonsumsi alih-alih langsung dibuang.

5. FIFO:

FIFO di sini maksudnya ialah metode penyimpanan makanan di kulkas, atau dengan kata lain “First In First Out”, yang pertama kali masuk disimpan maka itulah yang pertama kali dikeluarkan dari kulkas untuk diolah menjadi sajian masakan. Dengan cara ini, bahan-bahan makanan atau makanan bisa terhindar dari penyimpanan yang terlalu lama dan akhirnya membusuk lalu harus dibuang sia-sia begitu saja. Demikian seperti disitat Timesofindia, Rabu (8/8/2018).

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini