nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hamil Anak Keempat Nadia Mulya Jalani Tes NIPT, Apakah Itu?

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 09 Agustus 2018 20:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 09 481 1934163 hamil-anak-keempat-nadia-mulya-jalani-tes-nipt-apakah-itu-IT1K7mCQ8c.jpg Nadia Mulya (Foto: Instagram)

KEHAMILAN di atas usia 35 tahun tergolong berisiko tinggi bagi seorang perempuan. Salah satu kemungkinannya adalah bayi terkena sindrom yang dapat menurunkan kualitas hidup. Hal ini disadari betul oleh model sekaligus presenter Nadia Mulya.

Ya, di usianya yang telah menginjak 38 tahun, Nadia kini tengah mengandung anak keempatnya. Kabar bahagia ini diungkapkan melalui akun Instagram pribadinya. "Sampai sekarang masih ada yang DM atau bertanya apakah aku hamil. Mungkin karena nggak pernah ada announcement resmi. So, here it is... I'M PREGNANT WITH BABY NO.4 ! Alhamdulillah 🙏," tulisnya seperti yang dikutip Okezone, Kamis (9/8/2018).

Dalam unggahan foto yang lain, Nadia menjelaskan bila di kehamilannya kali ini ia menjalani tes Non-Invasive Prenatal Test (NIPT) atas saran dari dokter kandungannya. Tes yang dilakukan dengan pemeriksaan terhadap darah ini akan memberitahukan kondisi janin perihal ada atau tidaknya kelainan kromosom seperti Down Syndrome, Edward Syndrome, Patau Syndrome, dan lain-lain. Analisis untuk kondisi kromosom sendiri dilakukan di sebuah laboratorium di Singapura.

Baca Juga: Jangan Berobat ke Rumah Sakit Sore Hari, Ini 6 Alasannya

 

Sampai sekarang masih ada yang DM atau bertanya apakah aku hamil. Mungkin karena nggak pernah ada announcement resmi. So, here it is... I'M PREGNANT WITH BABY NO.4 ! Alhamdulillah 🙏 Sekaligus mau pengumuman kalau vlog perdana aku sudah tayang! Isinya tentang pertama tahu aku hamil, reaksi suami, check up dokter, hingga memberitahu keluarga besar. Please check link https://www.youtube.com/watch?v=AQt6A2VWDoo Atau di Youtube cari Pengumuman Kehamilan Keempat Nadia Mulya (Sebelumnya mohon maaf kalau video blur & belum rapih... Mama masih belajar 😅) More info (termasuk tentang tes kromosom yang menurut aku penting banget, terutama kehamilan diatas 35 tahun) akan aku share di blog Mama Muda Masa Kini (cie... masih muda nih ye) Please read my blog www.mamudmaskin.com https://mamudmaskin.com/2018/08/06/were-having-a-baby-no-4/ Mohon doanya untuk kehamilan aku ya 😊 Semoga semua lancar sampai bisa gendong baby N, insya Allah bulan Januari nanti... AMIN! Jangan lupa... like, comment, & subscribe ya guys! #pregnancyannouncement #pregnant #pregnancy #hamil #kehamilan #baby #babynumber4 #17weeks #mamudmaskin

A post shared by Nadia Mulya (@nadiamulya) on

Informasi terkait tes ini juga dibagikan Nadia melalui blog pribadinya. "Periksa kromosom disarankan dilakukan pada usia kehamilan dari 10 minggu hingga 23 minggu, dan memakan waktu sekitar 10 hari kerja. Aku melakukannya di usia kehamilan 12 minggu," tulisnya.

"Cara pemeriksaannya adalah melakukan pengambilan darah sebanyak 1 tabung. Sama persis prosesnya seperti pemeriksaan darah biasa. Sampel darah tersebut dimasukkan ke dalam tabung dengan cairan khusus agar awet dan tidak mengendap. Setibanya di lab di Singapura, darah yang mengandung cel-free DNA janin akan dianalisa dengan pendekatan “genome sequencing” atau membaca jutaan urutan DNA (deoxyribonucleic acid). Dari situ akan terdeteksi apakah ada abnormalitas. Tingkat akurasinya diatas 99%," lanjut Nadia.

 

Hamil di usia >35 tahun dianggap sebagai high risk pregnancy karena meningkatnya kemungkinan kelainan kromosom seperti Down Syndrome. Obgyn-ku menyarankan melakukan pemeriksaan iGene Non-Invasive Prenatal Test (NIPT) pada usia kehamilan 10-23 minggu. Aku melakukannya di 12 minggu. Ternyata prosesnya mudah, hanya dengan pengambilan sampel darah melalui jaram suntik pada lengan. 2 minggu kemudian aku mendapatkan hasil iGene NIPT dan Alhamdulillah hasilnya menyatakan bayi aku sehat! Sekarang aku bisa lebih tenang dan semakin menikmati kehamilan. Untuk membaca lebih lanjut mengenai pemeriksaan kromosom ini, silakan baca blog aku di https://mamudmaskin.com/2018/08/07/periksa-kromosom-perlu-nggak-sih/ . . . . Given my age, I know that my baby may have a higher risk of chromosomal abnormalities such as Down Syndrome. I was recommended by my doctor to undertake an iGene Non-Invasive Prenatal Test (NIPT) at week 12 of my pregnancy. I was surprised by how easy and simple the test procedure was. All that was required was a small amount of blood from my arm. I’ve just received my iGene NIPT results and now I can finally enjoy the rest of pregnancy with a peace of mind. #iGeneNIPT #iGenePrenataltest #pregnant #pregnancy #baby #babynumber4 #mamudmaskin

A post shared by Nadia Mulya (@nadiamulya) on

Dua minggu setelah menjalani tes, perempuan kelahiran 19 Februari 1980 itu mendapatkan hasilnya. Nadia bersyukur karena hasilnya menyatakan bila janin yang dikandungnya tidak memiliki kelainan kromosom. Selain itu dirinya, juga mendapatkan informasi jenis kelamin calon anak keempatnya secara pasti.

BACA JUGA:

 Liburan di Milan Bareng Cristiano Ronaldo, Georgina Kenakan Outfit Simpel Hampir Rp90 Juta!

"“Bonus” dari tes kromosom ini adalah diketahuinya jenis kelamin. Iya dong, pasti terdeteksi kromosom XX (perempuan) atau XY (laki). Di halaman kedua laporan hasil tertulis “not detected Y chromosome material. Consistent with a female fetus”. It’s a girl!" pungkas Nadia.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini