nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Lho Manfaat Kesehatan kalau Rutin Mandi Sauna

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 08:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 09 481 1934276 ini-lho-manfaat-kesehatan-kalau-rutin-mandi-sauna-REyLTGypja.jpg Ilustrasi sauna (Foto: Bergbhan )

BANYAK orang yang sehabis berlatih di pusat kebugaran mandi sauna atau mandi uap untuk merilekskan diri. Bahkan ada pula yang sengaja melakukannya karena gemar dengan kegiatan tersebut. Tapi ternyata, mandi sauna secara teratur berdampak baik bagi kesehatan.

Menurut ulasan medis terbaru dari sejumlah penelitian yang diterbitkan di jurnal Mayo Clinic Proceedings, mandi sauna lebih dari sekadar kegiatan bersantai. Sauna secara teratur membuat orang yang melakukannya memiliki tingkat penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Begitu juga dengan masalah tekanan darah yang lebih sedikit. Selain itu, ikut menurunkan risiko penyakit paru-paru, penyakit kognitif, dan kesehatan mental.

Melansir Independent, Jumat (10/8/2018), mengekspos diri ke suhu panas membuat darah memompa layaknya sedang berolahraga. Seperti diketahui, olahraga dikaitkan dengan kualitas hidup yang lebih baik. Penelitian lain menunjukkan mandi air panas dapat memberikan manfaat seperti mengurangi peradangan, meningkatkan gula darah, dan menurunkan tekanan darah. Dengan hasil penelitian ini, terbukti bila mandi sauna baik untuk kesehatan.

BACA JUGA:

 Tentara Wanita dari Rusia Ini Sangat Cantik, Ternyata Dia Adalah....

Sementara itu, mandi sauna adalah menghabiskan waktu singkat di ruang yang panas dan kering. Menurut penelitian, suhu pada tingkat kepala berkisar dari 80-100°C. Mereka yang mandi suana dapat menuangkan air pada batu panas untuk meningkatkan kelembaban ruangan. Variasinya berkisar 10-20%.

 

Menurut penelitian lagi, mereka yang menghabiskan 5-20 menit atau lebih lama denyut jantungnya cenderung meningkat hingga 120-150 denyut per menit. Meskipun otot tidak diaktifkan, ini sama halnya dengan latihan. Secara umum, semakin banyak mandi sauna maka seseorang akan semakin sehat.

Sering mandi sauna juga memiliki peluang lebih dari 60% penurunan risiko untuk demensia dan Alzheimer. Penelitian lain menunjukkan orang yang mandi sauna lebih sering secara signifikan memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk menderita penyakit paru-paru, psikosis, sakit kepala, dan berbagai kondisi peradangan yang menyakitkan seperti radang sendi. Para peneliti menulis bahwa penelitian di Jepang menunjukkan sauna dapat membantu memperbaiki gejala pasien dengan depresi ringan.

BACA JUGA:

 10 Hoaks yang Sering Beredar di Masyarakat Tentang Penyebaran HIV/AIDS

Akan tetapi, sauna tidak sepenuhnya bebas risiko. Terkadang orang-orang bisa membakar dirinya sendiri lantaran suhu di dalam ruangan sauna terlalu panas. Maka dari itu, sebelum melakukan mandi sauna lebih baik mencari tahu dulu informasi keamanannya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini