nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warna-Warni Jakarta, Ajak Masyarakat Abadikan Potret Kota Tercinta

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 16:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 10 12 1934741 warna-warni-jakarta-ajak-masyarakat-abadikan-potret-kota-tercinta-wqZeaZHhBO.jpg Pemprov DKI berfoto bersama jajaran direksi Okezone di peluncuran Warna Warni Jakarta (Foto: Okezone)

SEBAGAI Ibu Kota Indonesia, Jakarta memiliki banyak sudut yang indah untuk diabadikan oleh para pencinta fotografi. Beragam momen menarik yang ada di Jakarta juga seringkali menjadi daya tarik tersendiri. Momen-momen inilah yang menjadi ciri khas Jakarta.

Ini juga yang membuat Pemprov Jakarta menggandeng Okezone untuk menghelat kompetisi fotografi dan video. Tak heran jika kompetisi yang mengajak masyarakat untuk mengabadikan momen dan aktivitas di Jakarta dinamai Warna-Warni Jakarta.

Ada empat kategori foto yang dilombakan yakni manusia dan kebudayaan, lansekap, Asian Games 2018, dan photo story. Sementara untuk video ada satu kategori yaitu video blog. Sebagai penghargaan terhadap kecintaan masyarakat dan komunitas fotografi pada kota ini, Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan hadiah berupa uang tunai sebesar 15 juta rupiah untuk pemenang pertama, 10 juta rupiah untuk pemenang kedua, dan 8 juta rupiah untuk pemenang ketiga dalam setiap kategori.

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah mengatakan, kegiatan DKI Jakarta agendanya sedang padat-padatnya. Mulai dari kegiatan infrastruktur, perhelatan Asian Games 2018, tahun politik Pilpres dan Pileg.

"Kegiatan tersebut jadi daya tarik tersendiri untuk memotret Jakarta dari berbagai sudut," ujarnya saat Pembukaan Warna-Warni Jakarta di Balai Agung, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2018).

Semua peserta yang ingin ikut lomba, tambah Saefullah, tidak cuma diizinkan menangkap gambar bagus dari Ibu Kota. Kalau ingin memotret lokasi yang kurang baik dan sebagai kritikan pun diterima.

Menurutnya, pemerintah Provinsi DKI Jakarta butuh banyak masukan untuk membenahi tata kota. Hal ini bahkan jadi menarik dan punya nilai tersendiri.

"Kami butuh banyak masukan, bukan saja yang baik-baik, tapi juga kritik. Saya rasa ini bagian yang menarik. Jadi ambil saja foto atau video di Jakarta yang baik atau buruk untuk perbaikan masa depan," imbuhnya.

Pada kesempatan sama, CEO MNC Okezone Network Daniel Hartono mengatakan bahwa perkembangan Jakarta saat ini meningkat drastis. Tentu akan menjadi hal menarik jika diabadikan lewat foto dan video.

"Jangkauan masyarakat kini semakin luas, begitu juga pembaca Okezone.com. Event ini menarik dan kami bangga jadi bagian media partner eksklusif," ujarnya dalam sambutan.

Event ini, menurut Daniel, dapat membantu mengekspos seluruh konteks di sekitaran DKI Jakarta, baik yang bagus atau yang buruk. Apalagi pemerintah memperbolehkan peserta menangkap gambar di mana saja dan situasi apapun.

"Keindahan Kota Jakarta bisa dinikmati secara luas oleh masyarakat. Harapannya semua bisa berpartisipasi mengekspos keindahan kota yang menarik," pungkasnya.

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini