nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cantiknya Kain Tenun Toraja dalam Balutan Busana & Home Decor

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 19:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 10 194 1934811 cantiknya-kain-tenun-toraja-dalam-balutan-busana-home-decor-LqzUMwzIt4.jpg Kain tenun toraja (Foto:Sukardi/Okezone)

 

SALAH satu kekayaan yang dimiliki Indonesia adalah kain nusantara atau kain wastra. Setiap wilayah di Indonesia punya ciri khasnya masing-masing.

Jika bicara mengenai jenis kain wastra itu sendiri, Anda mungkin familiar dengan batik, tenun, dan songket. Tapi, ketika jenis kain ini dipecah sesuai dengan wilayahnya maka Anda akan mengenal yang namanya tenun Toraja.

Ya, salah satu kain tenun terbaik Indonesia ini terkenal akan detail kain yang sangat baik. Sekali pun jika bicara mengenai motif, tenun Toraja terbilang sangat sederhana.

"Tenun Toraja itu biasanya bermain di garis dan beberapa tenun menggunakan motif kombinasi. Untuk warnanya, Tenun Toraja itu didominasi warna merah, putih, kuning, dan hitam," terang Pendiri TORAJAMELO Dinny Jusuf, saat ditemui Okezone di Museum Tekstil Jakarta dalam acara ASIAN TEXTILES EXHIBITION, Jumat (10/8/2018).

(Baca Juga: Berkenalan dengan Reem al-Ouda, Hijaber Cantik asal Arab Saudi yang Jago Bela Diri)

 

(Baca Juga: Kemeja Putih Presiden Joko Widodo Banyak Ditaksir, Netizen: "Udah Bisa Dibeli di Online Shop Mana?")

Sekali pun sederhana, ternyata tenun Toraja ini tetap bisa dikombinasikan pada beberapa item barang, sebut saja fashion dan home decor. " Kain tenun Toraja biasanya digabungkan dengan tas, sepatu, pakaian, sepatu, atau juga pada perabotan rumah seperti bantal dan boneka," sambungnya.

Nah, untuk penggunaan kain tenun Torajanya, Dinny menjelaskan bahwa tidak bisa asal pilih. Dulu, di awal-awal, mungkin pihaknya juga mengaplikasikan kain yang kualitasnya kelas C. Tapi, kini Dinny menjelaskan bahwa pihaknya sudah gunakan kain sampai di kelas A+.

Untuk melihat masuk ke kelas apa si kain Toraja itu, Dinny punya standar. "Hal yang mesti diperhatikan itu dari kerumitan motif, karena ini juga berkaitan dengan sejarah di baliknya. Lalu, pewarna yang digunakan, benang yang dipakai," ungkapnya.

 

Penggunaan kain tenun Toraja terbaik juga yang akhirnya menentukan harga barang yang diproduksi. Nah, sekali pun itu mahal, pihaknya selalu mengedukasi masyarakat untuk tidak takut membeli produk yang bernilai mahal.

"Kain tradisional mahal itu karena ada sejarah di balik kain tersebut, ada usaha yang harus di beli, dan tentunya yang terpenting untuk menyelamatkan warisan bangsa. Lagipula, kalau mahal tapi kualitas oke, kenapa tidak?," kata Dinny.

Jika Anda tertarik melihat dan membeli langsung produk kain tenun Toraja ini, acara berlangsung sejak 9 Agustus hingga 9 September mendatang!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini