nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Cara Hilangkan Kebiasaan Mendengkur, dari Murah hingga Operasi

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 15:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 10 196 1934624 7-cara-hilangkan-kebiasaan-mendengkur-dari-murah-hingga-operasi-EmRhokUXtc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENDENGKUR atau mengorok terkadang bisa membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Suaranya yang cukup bising dapat membuat orang lain terganggu atau bahkan menjadi bahan lelucon. Karena itu, tidak heran bila seseorang yang mendengkur ketika tidur mencari cara untuk menghilangkannya.

Tidak perlu cara yang sulit, cara yang sederhana seperti mengubah gaya hidup dapat membantu menghilangkan mendengkur. Berikut ulasannya seperti yang dilansir Okezone dari Mirror, Jumat (10/8/2018) :


1. Pertahankan berat badan dan diet seimbang

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan mendengkur karena adanya jaringan lemak di leher yang mengganggu jalan napas serta mencegah udara mengalir masuk dan keluar dengan bebas. Untuk itu, usahakan selalu mempertahankan berat badan ideal. Caranya adalah mengonsumsi diet seimbang termasuk rutin berolahraga.

Baca Juga: 5 Hot Mom Artis Indonesia, Semakin Seksi di Usia 40-an!


2. Cobalah tidur miring

Posisi tidur dapat membuat seseorang mendengkur. Hindari posisi tidur terlentang karena akan membuat lidah, dagu, dan jaringan lemak berlebih ada di bawah dagu. Sebaliknya, cobalah untuk tidur miring, entah di sisi kiri maupun kanan. Posisi ini dapat membuat tubuh lebih rileks dan menghirup udara dengan bebas.

3. Berhenti atau kurangi merokok

Asap rokok dapat mengiritasi lapisan rongga hidung dan tenggorokan. Akibatnya terjadi pembengkakan dan radang selaput lendir hidung. Jika saluran hidung menjadi sesak, sulit untuk bernapas melalui hidung karena aliran udara berkurang dan menyebabkan dengkuran.

Baca Juga: Mengenal Ilmu Pelet yang Menggunakan Bulu Kemaluan sebagai Medianya

4. Jaga kebersihan saluran hidung

Hidung yang bersih membuat seseorang bernapas dengan mudah dan tidak perlu melalui mulut yang menyebabkan dengkuran. Bila memiliki alergi, cobalah tablet antihistamin atau semprot hidung. Sebab ada beberapa alergi dan kondisi lain yang memengaruhi hidung atau pernapasan seperti sinusitis.

5. Berlatih

Menurut sebuah situs tentang tidur, perawatan di rumah bisa dilakukan untuk menghilangkan dengkuran. Entah itu dengan bantal, pelindung mulut, strip hidung, dilator, atau alat pernapasan mulut.

Bisa juga dilakukan latihan sederhana seperti mendorong lidah ke atap mulut dan geser ke belakang. Kemudian hisap lidah seraya menekannya ke atap mulut. Selanjutnya tekan lidah ke gigi depan dan paksakan ke lantai mulut. Terakhir buka mulut lebar-lebar dan ucapkan huruf vokal 'a'.

6. Hindari alkohol sebelum tidur

Alkohol menyebabkan otot-otot menjadi lebih rileks namun berbahaya bagi bagian belakang tenggorokan karena menjadi lebih mudah robek. Hal inilah yang kemudian menyebabkan dengkuran.

7. Bedah

Terkadang seseorang mendengkur karena memang ada yang salah dengan kondisi kesehatannya. Untuk itu bila dengkuran berlanjut, mungkin diperlukan bantuan medis. Pada beberapa kasus dibutuhkan operasi untuk memperbaiki masalah struktural di saluran udara seperti kelenjar gondok yang membesar.

Tapi bila dengkuran disebabkan oleh kelonggaran di langit-langit lunak, maka teknik yang digunakan adalah ablasi frekuensi radio. Teknik ini menggunakan energi panas untuk mengencangkan langit-langit tanpa perlu dioperasi.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini