nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hewan-Hewan di Dunia yang Bisa Diajak Bicara, Simak Kisahnya!

Fakhri Rezy, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 14:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 10 196 1934658 hewan-hewan-di-dunia-yang-bisa-diajak-bicara-simak-kisahnya-apQBfKw6px.jpg Hewan yang bisa diajak bicara (Foto:Ist)

HEWAN merupakan makhluk hidup yang mempunyai kemiripan dengan manusia. Baik organ maupun bagian tubuh lainnya.

Selain akal, komunikasi juga menjadi perbedaan antara manusia dan hewan. Namun, ada beberapa hewan yang dapat berkomunikasi dengan manusia.

Melansir Reader Digest, Jakarta, Jumat (10/8/2018), berikut hewan yang dapat berkomunikasi dengan manusia dengan caranya masing-masing.

Julian si Gagak

Julian mungkin bertanya, "Ada apa?" Tapi dia punya cerita menarik! Julian adalah burung gagak yang ditemukan oleh pejalan kaki di Vernon, Connecticut, ketika ia berusia kurang dari satu tahun.

Infeksi akibat sayapnya yang patah membuat Julian dikirim ke pusat rehabilitas. Meskipun tidak bisa terbang lagi, kenyataan ini tidak meredam semangat Julian.

Dia suka berbicara dan telah mengambil banyak kata dan frasa hanya dengan mendengarkan orang-orang yang mengunjungi dan merawatnya. Selain berbicara, gagak juga bisa menyelesaikan masalah sendiri tanpa bantuan dari seorang pelatih.

Orca si Paus Pembunuh

Wikie adalah orca, juga dikenal sebagai paus pembunuh. Tetapi tidak ada yang menakutkan tentang orca manis ini yang tinggal di Marineland of Antibes di Prancis.

Para ilmuwan sedang mempelajari Wikie untuk mengetahui apakah dia bisa meniru ucapan manusia, dan mereka terkejut ketika dia melakukannya!

Wikie dapat mengucapkan beberapa kata, termasuk "Hello," "Bye-Bye" dan "Amy" (nama handler-nya). Ketika Wikie berbicara, itu tidak terdengar seperti suara manusia, tetapi Anda pasti bisa mengatakan apa yang dia katakan.

Para ilmuwan mengatakan ketika hewan dapat menyalin ucapan manusia, itu adalah tanda bahwa mereka sangat pintar.

Koshik si Gajah

Koshik, gajah berusia 22 tahun yang tinggal di Kebun Binatang Everland di Korea Selatan, telah memukau pengunjung sejak 2006 dengan kemampuan berbicaranya.

Dia tidak menggunakan mulutnya untuk berbicara! Jika Anda melihat Koshik meletakkan belalainya di mulutnya, itu mungkin karena ia ingin mengatakan sesuatu.

Anda lihat, Koshik menempatkan ujung kopernya di mulutnya untuk meniru suara manusia. Tidak hanya dapat mencocokkan kata-kata, tetapi ia bahkan cocok dengan intisari dan timbre percakapan, itu berarti dia dapat berbicara dengan nada rendah atau tinggi.

Rock si Orangutan

Rock, orangutan yang tinggal di Kebun Binatang Indianapolis, bahkan menjadi subjek penelitian bahasa yang dilakukan pada tahun 2012 oleh Universitas Durham.

Penelitian ini termasuk permainan yang melibatkan menyalin nada dan nada yang berbeda yang dibuat oleh peneliti. Rocky mulai belajar bunyi-bunyi vokal baru dan bahkan mencocokkan nada orang yang berbicara. Jika seseorang berbicara dengan suara rendah, Rocky akan menjawab dengan suara rendah. Salah satu suara Rocky yang paling terkenal adalah apa yang oleh para ilmuwan disebut "wookiees" karena mereka terdengar seperti Chewbacca dari Star Wars.

Tak satu pun dari orangutan lain yang membuat suara ini, hanya Rocky. Tentu saja, dia suka menggunakannya untuk mendapatkan perhatian dari manusia.

Blaze si Huskies Siberia

Anjing tidak bisa benar-benar menggunakan lidah atau bibir seperti yang kita bisa untuk membentuk kata-kata, tetapi mereka mencoba berbicara dengan menggunakan nada yang sering mereka dengar dari kita untuk mengucapkan kata-kata yang terdengar seperti 'No' (Tidak) atau 'I Want One' (Saya ingin satu) atau ' I Love U' (Saya mencintaimu).

Contohnya Blaze seekor Siberian husky. Kita bisa mendengar ia mengatakan “No' ketika pemiliknya memintanya untuk pergi ke tempat kennelnya.

Pemiliknya mengatakan dia juga akan mengatakan, 'I Want One' (Saya Ingin Satu) ketika dia ingin hadiah. Blaze suka mendaki di Pegunungan Putih New Hampshire dan pergi memancing dengan pemiliknya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini