nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Punya Momongan Lagi? Coba Tanyakan 5 Hal Ini ke Diri Anda

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 16:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 10 196 1934676 mau-punya-momongan-lagi-coba-tanyakan-5-hal-ini-ke-diri-anda-6NWpsOkqcL.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BIASANYA pasangan suami istri yang sudah memiliki anak pertama membuat banyak pertimbangan ketika ingin menambah momongan. Pasalnya, saat memutuskan akan memiliki anak lagi, maka ibu dan ayah harus siap menerima risikonya dan jelas akan merasa lebih repot mengurus anak, karena jumlah dan tanggung jawabnya jadi bertambah.

Memiliki momongan lagi tidak hanya akan berdampak pada finansial saja, tapi juga emosional kedua orangtua. Dilansir Okezone dari laman Mirror, Jumat (10/8/2018), pasangan suami istri perlu bertanya pada diri mereka dan pasangan jika ingin hamil lagi, agar keputusan yang diambil tidak sembarang dan berdasar pada persetujuan bersama.

Baca Juga: Kemeja Putih Presiden Joko Widodo Banyak Ditaksir, Netizen: "Udah Bisa Dibeli di Online Shop Mana?"

1. Kapan waktu terbaik?

Waktu dalam konteks ini adalah segalanya. Memiliki bayi lagi artinya mengambil alih segalanya, jadi ada baiknya pertimbangkan apa lagi dalam hidup sebelum mengalami hal yang baru lainnya.

Pertanyaan terkait waktu ini pun termasuk Apakah Anda punya waktu dan tenaga untuk merawat bayi lagi? Atau bagaimana dengan pembagian tugas mengurus anak pertama dan kedua? Selain itu Anda harus mempertimbangkan apakah anak pertama siap menghadapi kenyataan kasih sayang orangtuanya akan terbagi?”


2. Bagaimana pengaruh secara finansial?

Memiliki tingkat stabilitas keuangan sangat penting untuk keluarga manapun. Tidak diragukan lagi memiliki anak dapat menghabiskan biaya lebih per tahunnya, Anda harus benar-benar menyisihkan sebagian uang untuk dipersiapkan.


3. Apakah Anda dan pasangan setuju?

Idealnya, Anda dan pasangan memiliki keinginan untuk menambah momongan pada saat yang bersamaan. Sayangnya, pada kenyataannya hal ini tidak mungkin terjadi. Bisa saja Anda mungkin merasa siap atau sebaliknya.

Namun, bukan berarti tidak bisa ditemukan benang merahnya, sebab hal yang paling penting adalah menjaga jalur komunikasi agar tetap terbuka. Anda pun perlu memahami prespektif masing-masing, jika Anda berdua siap, maka segera putuskan untuk punya anak lagi.

Baca Juga: Foto-Foto Transformasi Nissa Sabyan, Berseragam Pramuka hingga Tampil Kece Badai

4. Apakah usia memengaruhi kehamilan?

Sayangnya, bagi perempuan masa produktifnya dibatasi dengan menopause. Biasanya perempuan yang sudah berusia 30 tahun ke atas, untuk bisa mendapatkan momongan lagi atau hamil akan lebih sulit.

Penelitian pun menunjukkan angka kesuburan perempuan turun dari pertengahan usia 30 tahunan dan seterusnya, tetapi meskipun demikian masih banyak juga perempuan yang masih hamil di usia 40 tahun.


5. Apakah sudah siap secara emosional?

Dari lima pertanyaan, sepertinya pertanyaan kelima ini yang terpenting. Pasalnya, Anda dan pasangan harus mempertimbangkan kesehatan emosional bersama. Seperti yang diketahui, lahirnya bayi bisa menyebabkan pergolakan dramatis dan pergeseran prioritas dalam hidup yang tidak bisa dianggap remeh.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini