nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lampung Siap Disulap Jadi Maldivesnya Indonesia

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 10:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 10 406 1934544 lampung-siap-disulap-jadi-maldivesnya-indonesia-gYQEFEOpyb.jpg Wisata lampung (Foto: Trip101)

PROVINSI Lampung identik dengan keberadaan Gunung Krakatau yang sempat meletus dan menjadi perhatian publik dunia. Hingga akhirnya dijadikan ikon pariwisata, wisata di Provinsi Lampung pun kian menarik langkah para wisatawan untuk menyambanginya.

Wisata alam bisa dengan mudah didapatkan para wisatawan ketika berada di Provinsi Lampung. Mulai dari gunung, laut, hingga taman nasional bisa dieksplor wisatawan dan membuat liburan semakin berkesan. Menurut Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo, jumlah wisatawan yang datang ke Lampung terus meningkat dan perkembangan industri pariwisatanya pun berkembang secara simultan.

 BACA JUGA:

Bahaya Kesehatan yang Mengintai ketika Pakai Ulang Kondom

“Sejak awal masa kepemimpinan sebagai gubernur di 2014, ada tiga kebijakan prioritas, yaitu memperkuat ketahanan pangan, mengembangkan sektor jasa, dan pariwisata Provinsi Lampung berjalan secara simultan. Penduduk Lampung yang bekerja mayoritas di sektor pertanian membuat Lampung ada di peringkat ke empat pada surplus beras nasional. Lampung juga mendukung kebutuhan pangan di Jakarta. Untuk sektor wisata terus berkembang walaupun hanya punya tiga muka pantai tapi penduduknya agraris,” papar Muhammad Ridho Ficardo, Gubernur Provinsi Lampung, di Jakarta.

 

(Foto: Ilustrasi / Tripadvisor)

Masih dalam penjelasannya, bagi Ridho salah satu faktor pendukung berkembangnya Lampung sebagai destinasi wisata, karena letaknya yang cukup dekat dengan Jakarta. Bahkan, menurutnya jarak Jakarta ke Lampung lebih dekat daripada Jakarta ke Surabaya, yang masih berada di dalam satu pulau yang sama, yaitu Pulau Jawa.

Menjadi provinsi yang terdiri atas gugusan pulau-pulau membuat Pemerintah Provinsi Lampung berencana menjadikan Lampung sebagai Maldives versi Indonesia. Ridho mengungkapkan keoptimisannya masih dalam kesempatan yang sama.

“Dari sektor pariwisata Lampung punya tiga muka pantai dan terdiri lebih dari 100 pulau, mungkin ada bayangan kami ingin 10 persen pulau yang ada di Lampung kita buat seperti kawasan Maldives. Kalau dimungkinkan kenapa tidak toh kotanya dekat dengan Jakarta? Berujung tombak wisata alam, pantai bisa dikembangkan menjadi Maldives versi indonesia. Kita sangat berkeinginan untuk ke arah sana,” bebernya.

Bak gayung bersambut, kepercayaan diri Ridho ternyata mendapat dukungan dari Menteri Pariwisata Arief Yahya. Alasannya berdasar pada pergerakan kunjungan wisatawan yang menyambangi Lampung ternyata terus meningkat hingga mencapai 58 persen pada tahun lalu.

BACA JUGA:

Hebat, Baru Berusia 3 Tahun Gadis Ini Punya IQ Lebih dari 170

“Untuk pengembangan Lampung, total wisman (wisatawan mancanegara) pada 2016 sekira 155ribu dan pada 2017 sekira 240ribu yang artinya naik 58 persen, jauh lebih tinggi dari rata-rata nasional yang tumbuh 22 persen. Jika dirata-rata ada hampir 1000 orang datang ke Lampung setiap harinya. Tapi, kalau mau jadi destinasi kelas dunia wajib memiliki bandara internasional, wisman maunya direct flight, yang datang inderect mostly dari Jakarta baru ke Lampung,” tandas Arief Yahya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini