nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahaya Kesehatan yang Mengintai ketika Pakai Ulang Kondom

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 09:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 10 481 1934513 bahaya-kesehatan-yang-mengintai-ketika-pakai-ulang-kondom-KbeGwPaO3O.jpg Berbahaya pakai ulang kondom (Foto:Ist)

 

PENGGUNAAN kondom menjadi cukup penting ketika Anda ingin melakukan seks sehat atau menunda kehamilan. Tapi, penggunaan yang tepat menjadi hal penting yang menentukan kenyamanan permainan di ranjang.

Tapi, apakah Anda pernah terpikir untuk menggunakan kondom yang sudah terpakai?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengeluarkan peringatan kepada orang Amerika untuk berhenti mencuci dan menggunakan kembali kondom. Hal ini karena ternyata banyak orang yang mencuci dan menggunakan kondom setelah dipakai!

“Kami mengatakannya karena orang-orang melakukannya: Jangan mencuci atau menggunakan kembali #condoms! Gunakan yang baru untuk setiap tindakan #sex," tulis mereka di Tiwtter, seperti dikutip Okezone dari Indiana Express, Jumat (10/8/2018).

 10 Hoaks yang Sering Beredar di Masyarakat Tentang Penyebaran HIV/AIDS

Konsultan ahli urologi senior dari Max Hospital, Patparganj, dokter Shailesh Chandra Sahay mengatakan, secara medis menggunakan kembali kondom tidak dianjurkan. Setelah kondom digunakan, lapisan latexnya rusak dan ini yang membahayakan kondom yang telah dipakai untuk kembali dipergunakan.

Ini mungkin tidak terlihat oleh mata telanjang tetapi mungkin tidak berguna untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan dan infeksi menular seksual. Jadi, sebatas penutup saja, tidak sampai memberikan manfaat apa-apa.

"Tidak mungkin Anda dapat mengkonfirmasi integritas kondom untuk perlindungan terhadap kehamilan setelah digunakan, dihilangkan, dicuci, dan diganti," kata Dr Alyssa Dweck, dokter kandungan kebidanan bersertifikat.

 Meski Masih Menunggu Fatwa MUI, Imunisasi Rubella Tetap Jalan Terus

Kedua hal ini menunjukkan fakta yang sama. Mencuci kondom dengan sabun atau menggunakan kembali yang lama membuat fungsi dari kondom tidak efektif. Jadi, setidaknya tidak menggunakannya lagi!

“Anda harus menggunakan kondom dengan cara yang diinginkan dan diuji oleh produsen - jika tidak, Anda tidak dapat mengandalkan kondom lagi untuk melakukan tugas tersebut,” kata Dweck.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini