nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sehatkah Tidur dengan AC Menyala? Ini Jawaban Pakar Kualitas Tidur

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 13:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 10 481 1934608 sehatkah-tidur-dengan-ac-menyala-ini-jawaban-pakar-kualitas-tidur-5iCuYxOfq8.jpg Bahaya tidur di bawah AC (Foto:Ist)

 

UDARA belum juga menunjukan suhu yang sejuk di beberapa wilayah di Indonesia. Bahkan, saat malam biasanya terasa sejuk, bulan-bulan ini belum menunjukan kondisi tersebut.

Alhasil, tak sedikit dari Anda yang mengaktifkan penyejuk ruangan selama Anda di rumah. Malah, beberapa dari Anda mungkin tetap menyalakan AC (air conditioner) untuk membuat Anda nyaman selama tidur di udara yang sedikit panas ini.

Tapi, pernahkah Anda bertanya; Amankah tidur dengan AC masih menyala sepanjang malam? Berbahayakah udara dingin yang dihasilkan AC untuk tubuh Anda?

Okezone coba melacak informasi mengenai ini. Dikutip dari Elite Daily, menurut Pelatih Ilmu Tidur dan Pendiri SleepZoo Chris Brantner, kondisi ini tidak masalah, malah dengan kondisi ruangan dingin, tubuh Anda mendapat kenyamanan yang diinginkan.

"Tidur saat hangat bisa sulit karena tubuh Anda perlu menurunkan suhu intinya beberapa derajat agar bisa tidur dan tetap tertidur," kata Brantner kepada Elite Daily. Brantner menambahkan, tidur dengan AC menyala malah direkomendasikan untuk kesehatan!

Tapi, pertanyaan selanjutnya adalah di suhu ruangan berapa tubuh merasa nyaman?

Menurut National Sleep Foundation, kondisi ruangan yang baik untuk tidur ada di angka 16 hingga 19 derajat selsius. Jadi, tidak ada salahnya mencari suhu paling cocok dengan tubuh Anda di antara 16-19 derajat selsius, karena mau bagaimana pun kenyamanan tidur akan menentukan kualitas kesehatan tubuh Anda.

Sementara itu, tidak bisa dipungkiri banyak juga orang yang mengira tidur dengan AC adalah sesuatu yang salah. Nah, agar dampak negatif yang dikhawatirkan dapat dicegah, ada cara yang mesti dilakukan.

 10 Hoaks yang Sering Beredar di Masyarakat Tentang Penyebaran HIV/AIDS

Jadi, segera setelah Anda bangun di pagi hari setelah tidur sepanjang malam dengan AC menyala, perhatikan napas Anda. Apakah Anda pengap? Selanjutnya, sentuh lengan, kaki, dan wajah; apakah kulit Anda terasa kering?

Brantner mengatakan kepada Elite Daily bahwa ketika tidur dalam suasana yang sejuk sangat bagus untuk tubuh Anda secara keseluruhan. Tapi, memang jika tidur dengan AC, tubuh Anda mudah dehidrasi. Menurut Brantner, ini dapat menyebabkan "kesulitan bernapas di malam hari" dan berpotensi mengeringkan kulit Anda secara berlebihan. So, jika itu masalahnya, Anda sebaiknya mengoleskan pelembab tubuh atau sediakan air putih di samping tempat tidur Anda.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini