nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Minum Es Teh untuk Hilangkan Haus Dehidrasi, Kenapa?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 15:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 10 481 1934654 jangan-minum-es-teh-untuk-hilangkan-haus-dehidrasi-kenapa-h845sTVRjc.jpg Es teh (Foto: Royal cup coffee)

MUSIM kemarau panjang seperti yang sedang dialami Indonesia saat ini, terkadang memang sangat mengganggu aktivitas manusia. Selain banyaknya debu yang bertebaran, Anda juga akan lebih mudah dehidrasi akibat cuaca matahari yang terik.

Tentunya Anda akan sering haus dan membutuhkan sesuatu yang segar, untuk mengembalikan tenaga Anda yang hilang. Minum minuman dingin dan menyegarkan tentu akan sangat menyenangkan. Tapi, jangan salah segar untuk Anda tapi tidak menyehatkan lho bagi tubuh.

Menyadur dari Times of India, Jumat (10/8/2018), Okezone akan membahas mengenai empat minuman yang wajib Anda hindari untuk dikonsumsi saat dehidrasi.

1. Minuman berenergi

Saat Anda dehidrasi, minuman berenergi tampak seperti hal yang tepat untuk dikonsumsi jika Anda berada di bawah terik matahari. Namun, inilah yang perlu Anda ketahui. Minuman ini dimaksudkan untuk para atlet, yang kehilangan elektrolit seperti natrium dan kalium, dan terlibat dalam aktivitas hard-core. Jika rata-rata orang berolahraga meminumnya, maka sama saja dengan mengonsumsi 100 kalori, pemanis buatan dan tentu saja, karbohidrat.

minuman energi

Baca Juga: Di Bali John Legend & Chrissy Teigen Lahap Ayam Goreng Cepat Saji di Kedai Lokal

2. Jus botolan

Jus dalam kemasan juga sangat berbahaya tanpa nutrisi dan memiliki bahaya yang tak terlihat. Mereka mengandung banyak gula dan pengawet, jika mereka bebas pengawet, mereka de-oksigen, yang lagi-lagi bukanlah hal yang sangat sehat.

Jus Botolan

Baca Juga: Genap Berusia 29 Tahun, Setuju 5 Penampilan Marshanda Ini Tetap seperti ABG?

3. Vitamin water

Air yang ditambahkan dengan vitamin tampaknya tidak sehat dan pertama. Pasalnya, hal tersebut sangat tidak diperlukan. Air putih adalah yang terbaik karena ketika menambahkan vitamin, Anda dapat benar-benar mengalami kelebihan zat dalam tubuh.

vitamin water

4. Es teh

Siapa yang tidak mengonsumsi suka es teh di musim panas? Namun, penting untuk dicatat bahwa versi botolannya memiliki banyak gula seperti soda dan bahkan jika Anda memilih opsi diet, teh ini memiliki pemanis sintetis, seperti aspartame dan sucralose. Begitu pun jika Anda membeli es teh di luar rumah yang cenderung ditambahkan banyak gula. Namun, jika Anda membuatnya sendiri maka itu adalah pilihan yang jauh lebih baik. Hal ini karena kaya akan antioksidan dan membantu menurunkan risiko beberapa penyakit.

es teh

Lantas apa yang harus Anda konsumsi untuk memerangi dehidrasi? Selain mengonsumsi air putih, Anda bisa pergi ke dapur dan mencoba menambahkan lemon, mentimun atau persik ke dalam botol air dingin. Anda dapat mencoba herbal seperti chamomile, licorice (Mulethi) dan asparagus. Minuman ini efektif dalam memerangi dehidrasi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini