nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuku Tumbuh Melengkung? Penyakit Mematikan Ini Mungkin Menyerang Anda

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 16:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 10 481 1934673 kuku-tumbuh-melengkung-penyakit-mematikan-ini-mungkin-menyerang-anda-syNolbi1Ae.jpg Ilustrasi (Foto: Today)

TANDA yang menginformasikan bila ada sesuatu yang salah dengan kondisi kesehatan dapat ditunjukkan oleh bagian tubuh manapun termasuk kuku. Baru-baru ini terungkap bila perubahan pada bentuk kuku dapat menjadi tanda kanker paru-paru. Hal ini terungkap setelah perempuan asal Inggris mengunggah kuku jarinya yang melengkung dan tumbuh ke bawah dengan sudut yang tajam.

Beberapa orang yang melihat foto tersebut menyarankannya untuk memeriksakan diri ke dokter. Perempuan bernama Jean Williams Taylor itu pun langsung pergi ke rumah sakit dan menjalani serangkaian tes. Mulai dari tes darah, rontgen dada, CT scan, hingga PET scan. Seakan belum cukup, dirinya juga diminta untuk mengikuti rangkaian tes lain yaitu tes pernapasan, pemindaian jantung, MRI, dan biopsi paru-paru.

Setelah kurang lebih 2 minggu menjalani tes, hasilnya pun keluar. Siapa sangka, Jean dinyatakan terkena kanker di kedua paru-parunya. Dia lantas membagikan ceritanya di media sosial supaya bisa menjadi pembelajaran bagi orang lain untuk mengenali tahap awal kanker.

Baca Juga: Genap Berusia 29 Tahun, Setuju 5 Penampilan Marshanda Ini Tetap seperti ABG?

Sementara itu, kondisi kuku Jean dikenal dengan istilah jari tabuh atau jari kaki. Menurut direktur Klinik Gangguan Kuku di Oregon Health and Science University, Dr Phoebe Rich, kondisi itu memang bisa menandakan masalah paru-paru. “Ini adalah temuan yang sangat khas dan petunjuk diagnostik yang baik untuk melihat paru-paru. Mungkin hal ini ada hubungannya dengan oksigenasi ujung kuku, meskipun tidak ada literatur yang menjelaskannya dengan secara pasti,” ungkapnya seperti yang dikutip Okezone dari Today, Jumat (10/8/2018).

Kuku

Kondisi kuku ini sering terjadi pada mereka yang memiliki penyakit jantung dan paru-paru. Menurut National Library of Medicine Amerika Serikat, kebanyakan terjadi karena pengurangan jumlah oksigen dalam darah. Kanker paru-paru adalah penyebab paling umum di samping penyakit lain seperti cacat jantung kongenital, infeksi paru kronis, penyakit celiac, penyakit hati, penyakit Graves, dan kondisi lain.

"Akan tetapi, tidak semua orang yang memiliki masalah kesehatan pada paru-parunya mengalami kondisi ini. Namun sebaliknya, bila ada orang yang memiliki kuku melengkung besar kemungkinan paru-parunya bermasalah. Dengan kata lain, banyak orang mengidap kanker paru-paru dan tidak memiliki tanda tersebut,” jelas Dr Phoebe.

Baca Juga: Kemeja Putih Presiden Joko Widodo Banyak Ditaksir, Netizen: "Udah Bisa Dibeli di Online Shop Mana?"Selfie dengan ekspresi datar

Ciri-ciri kuku yang menginformasikan kondisi kesehatan paru-paru adalah tumbuh melengkung ke bawah dan terlihat seperti bagian bulat dari sendok yang terbalik. Biasanya semua kuku akan mengalami hal yang sama dan lebih sering terjadi di jari tangan. Namun tidak menutup kemungkinan jari kaki juga mengalaminya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini