nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ciri-Ciri Anak Alami Alergi Makanan, dari Gatal sampai Gangguan Pernapasan

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 19:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 10 481 1934775 ciri-ciri-anak-alami-alergi-makanan-dari-gatal-sampai-gangguan-pernapasan-aClLXR8FjF.jpg Ilustrasi (Foto: Champatree)

SUATU ketika anak bisa saja mengalami reaksi alergi karena makan sesuatu. Tentunya Anda harus memahami ciri-cirinya agar tidak terlambat ditangani.

Alergi sangat kerap dialami oleh anak-anak karena beragam faktor. Salah satunya dari makanan yang biasanya berbasis protein. Banyak sekali jenis makanan yang membuat anak jadi alergi. Biasanya identik dengan aneka jenis seafood, telur, kacang-kacangan, produk susu, dan sebagainya.

 (Baca Juga:Kuku Tumbuh Melengkung? Penyakit Mematikan Ini Mungkin Menyerang Anda)

Ahli Nutrisi Dr Rita Ramayulis, DCN, MKes mengatakan, alergi muncul ketika anak sudah mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). Di saat pertama kali anak makan, kenalkan satu jenis makanan kepada mereka untuk mengetahui reaksi alergi tersebut.

"Reaksi alergi tersebut bisa muncul gejala ringan sampai berat," ujarnya saat ditemui Okezone di kawasan Prapanca, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

 

Misalnya, beri anak makan ikan laut atau telur yang bergizi. Tapi jika tiba-tiba mengalami kulit kemerahan, rasa gatal, pedih, terasa sensasi terbakar, coba curigai bahwa itu adalah reaksi alergi.

 (Baca Juga:Jangan Minum Es Teh untuk Hilangkan Haus Dehidrasi, Kenapa?)

Anak juga jadi tidak nyaman terhadap reaksi alergi tersebut, sehingga mereka akan rewel. Bahkan, anak-anak juga bisa menolak diajak makan sampai dia kembali nyaman.

Tapi, menurut Dr Rita, banyak orangtua yang kurang paham saat buah hatinya mengalami alergi. Nah, untuk memastikan apakah si kecil alergi atau tidak, ketahui histori makanan apa yang dikonsumsi sebelum muncul reaksi tersebut.

"Kalau bingung anaknya dicurigai alergi atau tidak, kenali apa saja makanan yang dikonsumsi anak 2 jam sebelumnya. Cek apakah ada makanan yang memicu alergi atau tidak," pungkas dia.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini