Kunjungi Maluku, Yuki Kato Jatuh Cinta dengan Hidangan Lat

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 11 Agustus 2018 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 11 298 1935127 kunjungi-maluku-yuki-kato-jatuh-cinta-dengan-hidangan-lat-gtdjZe2etv.jpg Yuki Kato (Foto: Instagram)

SETIAP daerah di Indonesia memiliki kebudayaannya masing-masing. Salah satu bentuknya adalah sajian makanan, yang menjadi karakteristik kebudayaan daerah tersebut.

Seperti salah satunya makanan yang hanya di Kepulauan Maluku, tepatnya di Pulau Kei yakni hidangan bernama lat. Di mana hidangan ini, bahkan membuat artis cantik Yuki Kato merasa kagum karena ternyata rasanya yang sangat lezat.

Pengalaman Yuki mencicipi hidangan lat ini, diungkapkan Yuki sewaktu berkunjung ke Pulau Kei, Maluku dalam rangka proses syuting.

"Makan-makan saat traveling yang berkesan banget itu waktu pas syuting selama satu bulan di Kepulauan Maluku, aku nyobain namanya lat. Itu makanan hanya ada di pulau Kei. Pertama kali makan lat itu, dikasih tahu sama om mathias mucus, dia suruh aku cobain. Eh iya benar saja dong, aku langsung jatuh cinta, ini makanan cuma ada di pulau Kei itu, lat itu dari anggur laut, semacem bunganya rumput laut, kalau di Sunda itu kayak urap kayaknya. Tapi kalau ini cuma anggur laut, terus ditambah kelapa, makannya pakai nasi kuning, sambal, mi goreng biasa sama pakai ikan juga. Rasanya basah karena anggur laut, kan makannya harus fresh," aku Yuki kala ditemui Okezone, baru-baru ini di bilangan Jakarta Barat.

 dirinya tidak mau menyia-nyiakan kesempatan menyantap aneka hidangan laut saat sedang di Maluku.

Tidak hanya mencicipi lat, yang membuatnya langsung jatuh cinta. Dara yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Indonesia ini, juga menuturkan dirinya tidak mau menyia-nyiakan kesempatan menyantap aneka hidangan laut saat sedang di Maluku.

"Syutingnya kan di Kepulauan Maluku, di pulau Kei dan Ambon. Nah karena sudah di Indonesia bagian timur ya kan, satu bulan juga syutingnya. Aku langsung deh tu nyobain papeda, aneka seafood nya. Selain itu pertama kalinya juga aku nyobain papeda, pakai kuah kuning," timpalnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini