nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Krayon Bisa Berbahaya Bagi Anak Anda? Ini Faktanya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 13 Agustus 2018 05:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 12 196 1935566 benarkah-krayon-bisa-berbahaya-bagi-anak-anda-ini-faktanya-jEmwAKstSL.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANAK Anda suka mewarnai? Alat lukis apa yang biasanya dia gunakan? Pensil warna, krayon, atau cat air? Informasi berikut ini mungkin akan membuat Anda lebih waspada dan tidak akan lagi membiarkan anak menggunakan krayon sebagai alat lukisnya.

Pasalnya, menurut sebuah laporan terbaru menjelaskan bahwa beberapa krayon mungkin mengandung asbes, dan inilah yang perlu Anda ketahui.

Dilansir Okezone dari Romper, The U.S. Public Interest Research Group Education Fund meminta retailer online Dollar Tree untuk tidak menjual Playskool crayons setelah ahli kimia menemukan fakta bahwa krayon tersebut mengandung bahan berbahaya untuk anak-anak. Ya, krayon mengandung asbes positif!

Bagi Anda yang belum tahu, asbes adalah mineral yang dapat menyebabkan kanker yang juga dapat menyebabkan masalah pernapasan dan masalah kesehatan jangka panjang jika paparan terus berlanjut, menurut National Cancer Institute.

Baca Juga: Seksinya Pakaian Aurel Hermansyah, Bisa Bikin Pria Nelen Ludah

Ini bisa diketahui dari aroma krayon sangat menyengat dan tak sedikit dari anak-anak membiarkan telapak tangan mereka terkotori krayon dan mengabaikan masalah ini. So, tidak ada salahnya untuk mewaspadai anak Anda.

Lebih lanjut mengenai penelitian ini, kelompok kepentingan umum baru-baru ini menguji 36 bungkus krayon Playskool dan menemukan bahwa krayon ini positif asbes, menurut ABC News.

Dia juga melaporkan bahwa krayon Playskool diproduksi oleh Hasbro dan dijual di Dollar Tree dan pengecer online seperti Amazon.com, eBay, dan DollarDays.com.

Sementara itu, Julie Duffy, wakil presiden komunikasi global untuk Hasbro, memberikan pernyataan pada ABC News terkait isu ini. "Produk dan keamanan anak-anak adalah prioritas utama untuk Hasbro. Kami sedang melakukan penyelidikan menyeluruh terhadap klaim ini, termasuk bekerja dengan Leap Year, pemegang lisensi produk," terang pihak Hasbro.

Baca Juga: Pernah Ambil Endorse Krim Pembesar Payudara, Aurel Hermansyah Bikin Netizen Geregetan

Namun, dalam penelitian tersebut hanya krayon hijau yang diuji mengandung positif asbes untuk melacak jumlah tremolit, sejenis serat asbes, menurut CBS News. Paparan asbes memang dapat menyebabkan masalah serius, National Cancer Institute mencatat bahwa orang-orang terpapar pada tingkat rendah asbes setiap hari.

"Semua orang terpapar asbes pada suatu saat selama hidup mereka. Asbes tingkat rendah hadir di udara, air, dan tanah," menurut National Cancer Institute, yang menambahkan bahwa kebanyakan orang tidak menjadi sakit karena paparan bahan berbahaya ini.

Akan tetapi, Lembaga Penelitian Kepentingan Publik AS Foundation menguji enam jenis krayon yang berbeda, menurut laporan tersebut, dan hanya merek Playskool yang dinyatakan positif mengandung asbes.

Research Group Foundation Kara Cook-Schultz, yang menguji perlengkapan sekolah dan mainan pun mencatat fakta ini adalah kebenaran. "Kabar baiknya adalah ketika kami menguji tiga tahun lalu, semua jenis merek kembali dengan asbes. Sekarang hanya yang ini," katanya kepada outlet berita.

Komisi Keamanan Produk Konsumen AS mengatakan kepada ABC News bahwa masih belum jelas apakah kadar asbes yang ditemukan dalam krayon yang diuji berbahaya atau tidak, tetapi masih menyarankan orang tua bahwa mereka mungkin ingin menghindari membeli krayon Playskool sampai pengujian lebih lanjut dapat dilakukan.

(Foto: Shutterstock)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini