nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Rahasia Awet Muda Wanita Jepang, dari Rumput Laut hingga Rajin Berendam

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 13 Agustus 2018 15:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 13 196 1935799 5-rahasia-awet-muda-wanita-jepang-dari-rumput-laut-hingga-rajin-berendam-QohBvWK48D.jpg Ilustrasi. (Foto: Savvy Tokyo)

SEBAGAI bagian dari perempuan yang tinggal di Benua Asia, tentu perempuan Indonesia banyak belajar merawat diri dari perempuan di negara lain. Selain sering menyontek perawatan ala perempuan Korea, ternyata perempuan Indonesia pun sering penasaran dengan perawatan kulit dan wajah ala perempuan Jepang.

Alasannya wajah perempuan Jepang kerap kali terlihat lebih muda dari usianya, bersih, dan mulus. Bagi kamu yang penasaran rahasia kecantikan perempuan Jepang, berikut rangkumannya yang berhasil Okezone himpun dari berbagai sumber, Senin (13/8/2018).

Baca Juga: Mengenal Pneumonia, Penyakit Mirip Flu yang Buat Ronaldo Kritis

1. Masker wajah beras Jepang

Konon kebiasaan menggunakan beras Jepang atau rice bran yang dalam bahasa setempat kome nuka sebagai masker wajah telah dilakukan sejak zaman Edo sekira 1603-1898.

Tidak hanya berasnya saja, air bekas cucian berasnya pun bisa digunakan saat mandi, agar kulit putih halus, bebas noda, dan glowing. Sementara bagi wajah, beras ini mampu mengurangi dan mencegah keriput, garis halus, meningkatkan proses regenerasi dan elastisitas kulit, menutrisi dan menghidrasi kulit, dan menghaluskan kulit.

2. Makan rumput laut atau konbu

Tidak hanya merawat dari luar, perempuan Jepang pun mengonsumsi makanan seperti rumput laut untuk mendetoksifikasi. Rumput laut atau konbu bermanfaat sebagai anti agen dalam mengurangi kulit kering dan kerutan, membuat rambut kuat, dan berkilau.

3. Eksfoliasi dengan kacang azuki

Istilah eksfoliasi memang belakangan ini kembali sering terdengar. Namun, bagi perempuan Jepang kebiasaan meng-eksfoliasi dengan menggunakan kacang merah atau azuki ini telah dimulai sejak periode Nara sekira tahun 710-794 silam.

Kacang azuki digunakan sebagai scrub setelah ditumbuh menjadi bubuk halus, yang bermanfaat sebagai obat alami mujarab bagi perempuan yang berjerawat dan komedo. Selain itu, juga bisa membersihkan dan mengencangkan pori-pori, melembutkan kulit wajah, menghilangkan kotoran juga sel kulit mati, dan mencerahkan kulit dengan merangsang sirkulasi darah.

4. Menggunakan teh hijau

Teh hijau sudah terkenal dengan kandungannya yang tinggi antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Selain untuk diminum, teh hijau bagi perempuan Jepang juga di ekstrak dan digunakan sebagai losion, tonik, dan menambahkan daun serta garam ke air untuk mandi, pun masker rambut.

5. Sering berendam di air hangat atau onsen

Bagi perempuan Jepang mandi bukan sekadar membersihkan diri, tapi juga bagian dari ritual kecantikan. Dengan berendam atau mandi di onsen yang merupakan pemandian air panas alami, perempuan Jepang bisa bersantai sekaligus menutrisi kulit dan mendapatkan mineral dari sumber mata air hangat alami.

Mandi beruap sebelum tidur pun tidak kalah penting bagi perempuan Jepang, karena mampu merileks kan tubuh sehingga tidur lebih nyenyak, membantu sirkulasi darah, melemaskan bahu, memulihkan nyeri punggung, mencegah kaki bengkak, melembabkan kulit, detoks tubuh, membersihkan pori-pori, dan mencerahkan kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini