nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nasi Kuning Bertabur Cakalang, Juara Nikmatnya di Manado

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 13 Agustus 2018 10:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 13 298 1935681 nasi-kuning-bertabur-cakalang-juara-nikmatnya-di-manado-BWfVS8c2r8.jpg Nasi kuning manado (Foto:Ilustrasi/Pinterest)

MANADO, ketika Anda mendengar nama kota ini pasti yang pertama terlintas adalah kulinernya yang serba pedas. Ya sejak lama Manado terkenal akan kenikmatan makanannya. Jenis kue serta hidangan utama, nama dan cita rasanya sudah sangat familier hingga ke luar ibu kota Sulawesi Utara itu.

Termasuk nasi kuning yang sejatinya bukan masakan asli Manado, tapi dengan tambahan rempah dan bahan baku lokal telah menjadikannya sajian khas kota berjuluk Maldiven van Celebes yang pantang dilewatkan.

Nama nasi kuning tentu sudah sangat Anda kenal. Di Pulau Jawa, Kalimantan, ataupun Sulawesi, sajian berbahan baku beras itu cukup digemari. Nah, berbicara mengenai nasi kuning Manado, tentu berbeda dengan nasi kuning di Jawa ataupun Kalimantan.

 Saingi Milenial, Nenek 90 Tahun Tak Mau Kalah Bergaya di Medsos

Sebab, bahan beserta bumbunya sudah disesuaikan dengan apa yang ada dan menjadi ciri khas di kota ini. Nasi kuning ala Manado mengusung beragam kondimen. Ikan cakalang yang menjadi salah satu bahan masakan khas Manado turut menambah cita rasa menu satu ini.

Ikan tersebut disajikan dalam bentuk abon atau irisan. Selain itu, ada juga semur daging sapi, sambal, bawang goreng, gorengan kentang, dan telur rebus. Kondimen inilah yang menjadikan nasi kuning Manado unik dan berbeda dari nasi kuning asal daerah lain.

Bila Anda tertarik menikmati nasi kuning di Manado, salah satu lokasi yang layak menjadi destinasi adalah rumah makan Nasi Kuning Saroja. Tempat makan yang berdiri sejak 1977 ini sudah dikenal oleh masyarakat lokal maupun turis.

Di samping rempah serta lauk yang digunakan enak dan khas, nasi kuning di Saroja juga menampilkan cara penyajian yang unik, yakni meng gunakan pembungkus berupa daun lontar, bila nasi ingin dibawa pulang. Ida Madiu, pengelola Nasi Kuning Saroja, mengaku mendapat resep nasi kuning dari ibunya yang berasal dari Jawa.

Sejak dulu hingga sekarang, ujar Ida, cita rasa nasi kuningnya tak pernah berubah. ”Soal rasa tak banyak berubah. Sejak dulu ya begini,” tandas Ida, yang bersama kakak dan adiknya menjadi generasi kedua pengelola rumah makan Nasi Kuning Saroja.

Nasi Kuning Saroja dirintis oleh pasangan suami-istri Abubakar dan Salma Simen, orang tua Ida. Usaha yang di mulai sejak 41 tahun lalu ini rupanya ma ju pesat. Kini, Saroja menjadi salah satu destinasi para penikmat makanan.

Tamunya kebanyakan wisatawan domestik ataupun warga Manado yang ingin berangkat ke luar daerah dan menjadikannya oleholeh untuk sanak saudara. ”Alhamdulillah pengunjung tetap ramai. Sebenarnya nasi kuning kami tidak ada yang istimewa.

Nasi kuning di sini memang dilengkapi daging sapi dan ikan cakalang. Namun, soal pengolahannya sama saja dengan nasi kuning di tempat lain. Menggunakan santan kelapa serta sambal dengan cabai merah dan cabai rawit yang dicampur,” kata Ida.

 Liburan di Bali, Istri John Legend Coba Gendong Bayinya ala Emak-Emak Indonesia

Untuk membuat nasi kuning, nasi biasanya dimasak menggunakan sereh, daun pandan, daun jeruk, lengkuas, santan, garam, dan kunyit. Setelah matang, nasi diberi aneka lauk pendamping, seperti gorengan kentang, abon ikan cakalang yang dimasak dengan santan, bawang goreng, semur daging, dan telur rebus.

Sambal pelengkap nasi kuning juga terasa spesial. Ada campuran bawang merah, bawang putih, cabai, dan gula merah. Cita rasanya pedasmanis. Penentu kenikmatan nya adalah gula batu atau gula merah khas Manado. Biasanya kebanyakan orang memadukannya dengan kecap.

Soal harga, terbilang masih standar. Menurut Ida, harga seporsi nasi kuning dengan tambahan telur rebus adalah Rp20.000. Sementara kalau tanpa telur rebus Rp17.000. ”Pakai telur atau tidak, yang jelas nasi kuning di sini sudah ada daging sapi dan ikan cakalangnya,” ujar Ida.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini