nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Merinding, Melihat 1970 Bendera Merah Putih Berdiri Kokoh di Lereng Gunung Lawu

Bramantyo, Jurnalis · Senin 13 Agustus 2018 10:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 13 406 1935700 merinding-melihat-1970-bendera-merah-putih-berdiri-kokoh-di-lereng-gunung-lawu-IFQhdv9fx6.jpeg Bendera merah putih di Lereng Gunung Lawu (Foto:Bramantyo/Okezone)

 

MASYARAKAT  lereng Gunung Lawu punya cara unik dalam memeringati kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73.

Salah satunya dengan mengibarkan bendera merah putih secara bersama-sama. Tapi nanti dulu, bendera yang dikibarkan jumlahnya bukanlah puluhan. Namun, bendera yang dikibarkan mencapai 1970 buah bendera Merah Putih, luar biasa.

Merinding sekaligus terharu begitu pertama kali Okezone melihat ribuan bendera tersebut berdiri kokoh di Lereng Gunung Lawu. Perasaan bangga semakin memuncak ketika lagu Indonesia Raya dikumandangkan, bendera-bendera itu pun menyambut dengan kibarannya yang perkasa.

 

Sebelum mengibarkan bendera merah putih sesuai tahun kemerdekaan Republik Indonesia, kirab agung pusaka merah putih pencucian bendera di balai Desa Girimulyo, Ngargoyoso, Karanganyar, mengawali serangkaian kegiatan, sebelum pengibaran bendera di kebun teh Kemuning.

 Saingi Milenial, Nenek 90 Tahun Tak Mau Kalah Bergaya di Medsos

"Bendera diambil dari Rumah Dinas Bupati menuju Balai Desa Girimulyo, dicuci oleh tokoh lintas agama" terang Kepala Desa Girimulyo Suparno, Minggu (12/8/2019).

Kemudian, para pembawa bendera merah putih itu membawa ke lokasi pengibaran dengan naik sepeda ontel secara bersama-sama.

Setibanya di lokasi pengibaran bendera, setelah mengayuh sepeda dari pusat Kota, bendera itupun dijamas atau dicuci dengan menggunakan 7 sumber mata air murni.

 

"Bendera itu kemudian dijamas dengan menggunakan sumber mata air murni yang diambil dari berbagai sumber air di Desa Girimulyo," jelasnya lagi.

Setelah prosesi jamasan, warga pun membawa bendera tersebut yang diawali dari Taman Saraswati, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso dan berakhir di Gunung Cilik, Kecamatan Ngargoyoso.

 Viral Desain Interior Ruang Merokok Mirip Liang Kubur, Netizen : Serem Banget!

Selanjutnya Bendera merah putih sepanjang 100 meter dengan lebar 2,5 dikibarkan di Bukit Cilik.

 

Selain bendera berukuran besar, ribuan bendera ukuran dengan ukuran yang beragam juga dikibarkan di area perkebunan teh.

Jumlah bendera disesuaikan dengan tanggal, bulan dan tahun kemerdekaan Indonesia, yakni 17 buah bendera berukuran 100x150 cm, 8 bendera berukuran 80x120 cm dan 1945 bendera berukuran 60x90 cm.

"Acara ini selain untuk menarik wisatawan, acara ini juga membangun jiwa nasionalisme di kalangan remaja," pungkas Suparno.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini