Share

Mempelajari Gaya Busana Madonna yang Bertahan 4 Dekade, Tetap Hot Meski Sudah Berumur

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Rabu 15 Agustus 2018 04:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 14 194 1936587 mempelajari-gaya-busana-madonna-yang-bertahan-4-dekade-tetap-hot-meski-sudah-berumur-4Rzpz8hXXk.jpg Madonna. (Foto: Independent)

SIAPA sih yang tidak kenal dengan Madonna, superstar ini telah berkarier lebih dari empat dekade, memperkuat statusnya sebagai salah satu artis paling terkenal dalam sejarah. Diva satu ini telah melahirkan begitu banyak karya yang fantastis.

Bakat musiknya pun telah diakui di seluruh dunia. Namun, tidak hanya di dunia tarik suara, penyanyi ini juga memiliki pengaruh signifikan terhadap tren mode global, sejak ia pertama kali mengambil spotlight di panggung dunia.

Dia punya berbagai macam penampilan ikonik, mulai dari gaun pengantin yang dikenakannya untuk penampilannya 'Like a Virgin' di MTV Awards 1984, bra kerucut yang dia pamerkan selama Tur Blonde Ambition di Jepang pada tahun 1990, atau baju yang dia gunakan saat konser tribute untuk Marilyn Monroe.

Baca Juga: Gara-Gara Sering Nonton Film Porno, Ibu Guru Ini Nekat Cabuli 6 Muridnya

Tapi yang Anda kurang tahu adalah, Madonna telah melakukan jauh lebih banyak di dunia mode, daripada sekadar mencampur-adukan pakaiannya. Cara penyanyi ini menggunakan gayanya untuk merepresentasikan identitasnya adalah konsep baru ketika dia pertama kali datang ke dunia musik.

Bahkan, gayanya semakin menjadi sorotan setelah dia tampil di film pertama kali pada 1985, Desperately Seeking Susan. Kala itu, banyak wanita di seluruh dunia mencoba untuk meniru jaket kulitnya, model rambut besarnya, perhiasan dan celana panjang longgarnya.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Sulit Banget Bilang "I Love You", Gengsi atau Malu-Malu Kucing?

Jelas bahwa penyanyi tersebut memiliki pemahaman yang jelas tentang siapa dirinya dan ingin menjadi apa dia sejak awal kariernya. Perpaduan mode pilihan Madonna dan identitasnya, membuat dia berbeda dari penonton dan menginspirasi para penggemarnya untuk mengeksplorasi identitas mereka sendiri, yang kadang tengah dalam proses berkembang.

Efek yang telah dia tularkan selama bertahun-tahun pun akan terus berlanjut di masa depan, dan dapat secara tepat digambarkan sebagai "fenomena", sebagaimana dinyatakan oleh akademisi Douglas Kellner dalam bukunya Media Culture: Cultural Studies, Identity and Politics between the Modern and the Post-Modern.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dalam bukunya, perubahan citra dan identitas konstan Madonna mempromosikan eksperimen dan penciptaan gaya dan gaya seseorang. Kadang-kadang perubahan dramatis dalam gambar dan gaya menunjukkan bahwa identitas adalah sebuah konstruksi bahwa itu adalah sesuatu yang dihasilkan oleh seseorang, dan itu dapat dimodifikasi sesuka hati.

β€œCara bagaimana Madonna menyebarkan mode dalam konstruksi identitasnya, jelas memberikan gambaran bahwa penampilan dan gambaran seseorang, membantu menghasilkan apa yang ada, atau setidaknya bagaimana seseorang akan dilihat,” demikian dilansir dari Independent

Bukan hanya gaya-gaya Madonna yang mengesankan dan memengaruhi tren mode, tetapi juga kecenderungannya untuk mengubah penampilannya dari waktu ke waktu.

Penyanyi ini telah memelopori tampilan punk pop tahun 1980-an, dan membawa glamor Hollywood old school saat Oscar 1991, saat dia membawakan lagu 'American Pie'. Dia pun pernah dan memamerkan desain haute couture, yang memecahkan rekor pertunjukan Super Bowl enam tahun lalu.

Dia membuat penggemarnya merasa seolah-olah mereka memiliki lebih banyak kebebasan untuk menguji berbagai versi diri mereka, seperti idola mereka.

Dengan lebih dari dua juta pengikut di Twitter, 11 juta pengikut di Instagram dan 18 juta di Facebook, Madonna terus berkuasa sebagai salah satu individu paling berpengaruh dalam mode di era modern media sosial.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini