nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ragu Mau Punya Anak Lagi? Coba Jawab 5 Pertanyaan Ini

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 04:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 14 196 1936531 ragu-mau-punya-anak-lagi-coba-jawab-5-pertanyaan-ini-6hcj2tWEmy.jpg Ilustrasi (Foto: Mirror)

SAAT pasangan memutuskan untuk menikah, tentu sudah banyak hal yang menjadi pertimbangan. Termasuk rencana memiliki anak dan jumlahnya. Bagi pasangan yang ingin memiliki lebih dari satu anak, ada yang sengaja mengatur jarak usia antaranak, ada pula yang memegang prinsip 'se-dikasihnya' sama Tuhan. Tapi sebenarnya, kapan waktu yang tepat untuk memiliki anak lagi?

Jawabannya tidak ada aturan tentang waktu yang tepat untuk memiliki anak lagi. Walaupun masih ada pro dan kontra, namun hal itu dikembalikan lagi kepada orangtua. Satu hal yang perlu diingat, memiliki bayi lagi akan berdampak besar pada pasangan secara emosional dan finansial.

Melansir Mirror, Rabu (15/8/2018), BabyCentre UK mengatakan ada 5 pertanyaan yang harus dijawab oleh pasangan untuk memutuskan memiliki anak kembali. Adapun kelima pertanyaan itu adalah:

Apakah ini waktu terbaik untuk memiliki bayi lagi?

Waktu adalah segalanya dan memiliki bayi lagi berarti harus siap mencurahkan semua waktu serta perhatian kepadanya. Jadi ada baiknya untuk mempertimbangkan kembali hal-hal yang mungkin terjadi bila bayi kembali hadir. Cobalah tanyakan kepada diri sendiri, "Apakah Anda punya waktu dan tenaga untuk merawat bayi?" serta "Bagaimana dengan karier di antara pasangan?".

bayi lucu

Selain itu, perhatikan juga perasaan anak yang lebih dulu hadir. Apakah dirinya siap dengan kehadiran adik? Apapun keputusannya, pastikan untuk mempertimbangkan kesehatan diri sendiri. Bagi wanita, tubuh membutuhkan waktu untuk pulih di antara kelahiran.

Bagaimana anak lain akan memengaruhi finansial?

Memiliki tingkat stabilitas keuangan sangat penting untuk keluarga mana pun. Tak bisa dipungkiri semakin banyak anak maka biaya yang dikeluarkan akan menjadi lebih besar. Entah itu untuk pendidikan, makanan, maupun kebutuhan hidup sehari-hari.

Apakah masing-masing pihak setuju?

Merawat dan mengasuh anak perlu keterlibatan di antara kedua belah pihak yaitu ayah dan ibu. Idealnya, Anda dan pasangan memiliki keinginan bayi lagi di saat yang bersamaan. Walaupun mungkin hal itu tidak terjadi, tetap jadikan keterbukaan dan komunikasi menjadi yang terpenting.

pasutri diskusi

Apakah usia akan memengaruhi kehamilan?

Pada wanita, usia harus menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan untuk hamil. Pembuahan akan sulit terjadi bila usia semakin bertambah. Selain itu, risiko terjadinya cacat lahir, kelainan pada anak, dan lainnya meningkat bila kehamilan terjadi di atas usia 35 tahun.

Apakah siap secara emosional?

Satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah mempertimbangkan kesehatan emosional di antara pasangan bila memiliki anak lagi. Seperti yang diketahui, bayi dapat menyebabkan pergolakan dramatis dan pergeseran prioritas dalam hidup yang tidak bisa dianggap remeh. Bila kedua belah pihak masih merasa ketakutan untuk memiliki anak lagi, mungkin waktunya belum tepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini