Rumah Makan Ini Buat Pengunjung Bisa Lahap "Gunung Merapi"

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 14 Agustus 2018 10:53 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 14 298 1936214 rumah-makan-ini-buat-pengunjung-bisa-lahap-gunung-merapi-lWuqBtFvwg.jpg Bakso gunung merapi di Yogyakarta (Foto:Ig/Labala_bakso)

BAGI Anda yang pernah berkunjung ke Yogyakarta tentu memiliki keinginan untuk kembali lagi. Entah kenapa, Kota Gudeg itu seakan memiliki daya magis tersendiri yang membuat wisatawan yang datang merasa rindu. Mulai dari keramahan warganya, kebudayaan yang masih cukup kental, obyek wisata yang indah, hingga cita rasa kulinernya yang luar biasa.

Berbicara mengenai kuliner di Yogyakarta, bukan hanya gudeg yang bisa dibahas. Masih banyak makanan lain yang populer di kota ini. Terlebih inovasi di bidang kuliner seakan tidak pernah berhenti. Terbaru ada rumah makan yang menyediakan bakso dengan bentuk unik khas Yogyakarta.

 Gulai Ikan Asap, Aromanya Menggoda Rasanya Menggugah Selera

Ya, bakso tersebut berbentuk Gunung Merapi. Seperti yang diketahui, gunung api yang masih aktif itu memang terbentang dari Kota Magelang di Jawa Tengah hingga Yogyakarta. Bahkan banyak wisatawan yang datang menyempatkan waktu untuk berkunjung ke obyek wisata di kawasan Gunung Merapi.

Kembali ke soal Bakso Gunung Merapi, makanan ini dijual oleh rumah makan LABA LABA Bakso & Kitchen. Lokasinya berada di Jalan Raya Tajem, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota, kira-kira hanya 10 km sehingga mudah diakses menggunakan kendaraan.

Bakso yang terbuat dari olahan daging sapi ini biasanya disajikan terpisah dengan kuah. Ada pula tambahan isian lain seperti mie, tahu, sayuran, bakso kecil, dan kerupuk bawang. Keunikan lain dari bakso ini selain bentuknya yang seperti Gunung Merapi adalah di bagian atas bakso diberi lelehan saus sambal yang dianalogikan seperti lava. Penyajian itu membuat pelanggan yang memakan bakso bisa merasa kepedasan atau panas. Sama halnya dengan lelehan lava.

 Meriahkan Asian Games, Rumah Makan Ini Bikin Menu "Asinan Gemes 2018" dan Viral di Medsos!

Untuk menikmati bakso ini, pengunjung perlu merogoh kocek sebesar Rp70 ribu. Mungkin terlihat agak sedikit mahal. Namun satu porsi bakso bisa dikonsumsi oleh 2-3 orang sehingga harganya hampir sama dengan bakso yang dijual pada umumnya. Belum lagi olahan bakso benar-benar berasal dari daging sapi murni. Tekstur bakso ini juga sangat lembut dan kuahnya gurih sehingga pelanggan akan terpuaskan karena rasanya yang setimpal.

Selain Bakso Gunung Merapi, di rumah makan ini juga tersedia yaitu Bakso Mangkok, Mie Ayam, dan Mie Ayam Goreng (Miago). Ada pula Sop Manten, Soto Ayam, dan Ayam Geprek. Jadi bila pelanggan tidak ingin makan bakso masih ada pilihan menu lain. Selain itu, harganya pun cukup terjangkau. Bagaimana, tertarik mencoba?

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini