Selain Digoreng, Ini 3 Teknik Memasak Ikan agar Rasanya Lebih Lezat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 14 Agustus 2018 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 14 298 1936400 selain-digoreng-ini-3-teknik-memasak-ikan-agar-rasanya-lebih-lezat-1MWSlpHtkn.jpg Hidangan ikan direbus (Foto: Foodbeast)

BAGI sebagian orang, ikan adalah salah satu makanan paling lezat yang ada di muka bumi ini. Jika Anda salah satu dari mereka, mungkin inilah saatnya untuk mengetahui cara untuk memasak ikan, selain menggorengnya di atas wajan.

Dilansir Okezone dari Food Beast, Selasa (14/8/2018), berikut 3 teknik mengolah ikan yang bisa Anda coba di rumah.

Direbus

Sedang diet dan ingin mengurangi asupan kalori? teknik memasak inilah yang wajib Anda coba. Untuk merebus ikan, Anda membutuhkan beberapa cairan herbal dan asam seperti jeruk nipis atau lemon, dan beberapa tambahan sayuran segar (bawang, seledri, wortel). Langkah selanjutnya adalah merebus ikan di dalam air mendidih sambil menambahkan sedikit jus lemon, bawang putih, bawang merah, rempah-rempah, dan potongan sayuran. Kecilkan api ketika daging ikan sudah mulai berubah warna. Angkat, lalu sajikan.

Beberapa jenis ikan yang direkomendasikan adalah salmon, tuna, halibut, dan sturgeon.

ikan direbus

Dipanggang

Siapa sih tidak suka ikan panggang? Makanan ini memang cukup digemari karena menyuguhkan sensasi rasa unik yang bisa bikin siapa saja ketagihan. Selain itu, mengolah ikan melalui proses pembakaran merupakan cara terbaik untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Selain mendapatkan daging yang memiliki tekstur lembut dan juicy, Anda juga dapat menikmati kulitnya yang gurih dan menggugah selera. Proses pengolahannya pun terbilang praktis.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memanaskan oven hingga memiliki suhu ideal. Biasanya disesuaikan dengan berat ikan yang hendak Anda olah. Sebagai contoh, 450 gram ikan segar membutuhkan waktu sekitar 20-3- menit. Semakin besar ukurannya, tentu semakin tinggi pula suhu panas yang Anda butuhkan.

ikan dipanggang

Selanjutnya, gosok ikan dengan minyak zaitun dan beri taburan garam, lada, di bagian dalam dan luarnya. Memanggang ikan secara utuh memberi Anda kesempatan untuk menambahkan sayuran segar beraroma sebagai isiannya. Jangan lupa tambahkan air perasan lemon sebelum menaruhnya di oven. Mudah bukan? Beberapa jenis ikan yang direkomendasikan adalah ikan kakap merah, salmon, cod, sea bass, atau trout.

Olah menjadi kari

Jika Anda tidak dapat menemukan ikan segar di pasar terdekat, belilah beberapa potong ikan beku. Setelah itu, Anda bisa menggunakannya untuk membuat olahan kari yang sempurna. Cara ini adalah alternatif terbaik bagi Anda yang tidak memiliki cukup waktu untuk memasak. Jika memungkinkan, cairkanlah dan keringkan potongan ikan terlebih dahulu sebelum memasaknya.

diolah jadi kari

Untuk membuat kari ikan, yang harus Anda lakukan adalah memasukkan potongan ikan ke dalam kuah karih yang sudah mendidih (biasanya dibuat dari campuran kunyit, jinten, jahe, dan cabai segar). Selain itu, pastikan tulang ikan telah benar-benar Anda pisahkan dari dagingnya. Setelah itu, masak tekstur ikan melunak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini