nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sumba, Lombok, hingga Bangka Belitung Masih Jadi Destinasi Incaran Para Pelancong

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 14 Agustus 2018 15:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 14 406 1936340 sumba-lombok-hingga-bangka-belitung-masih-jadi-destinasi-incaran-para-pelancong-A6mj5CzAtO.jpg Sumba (Foto: nicholassaputra/Instagram)

DIANUGERAHI alam yang indah dan banyak kepulauan, menjadikan begitu banyak tempat yang bisa dikunjungi di Indonesia. Akan tetapi kita tak bisa mengingkari, jika bicara soal destinasi wisata Indonesia, yang paling familier adalah Pulau Bali.

Namun sekarang, perlahan-lahan publik sudah bisa mengenal lebih jauh, bahwa destinasi wisata menarik di Indonesia bukanlah hanya Pulau Dewata. Daerah-daerah di luar Bali, sebut saja seperti Sumba, Lombok dan Bangka Belitung, sebagaimana disebutkan oleh Joneka Kandau sebagai Commercial Director MNC Travel, popularitasnya sudah mulai meningkat di kalangan para wisatawan jika melihat data satu tahun ke belakang.

(Foto: nicholassaputra/Instagram)

 (Baca Juga:Selamat Hari Pramuka! 5 Hal Ini Bakal Bikin Kamu Jatuh Cinta dengan Pramuka)

"Untuk tujuan lokal sih yang paling diminati untuk masih daerah Sumba, Lombok, Bali dan juga Bangka Belitung. Namun berhubung baru-baru ada kejadian musibah di Lombok, akan berpindah mulai menjual Padang, Toraja, yang mana juga membantu pemerintah daerahnya untuk meningkatkan sektor pariwisata daerahnya,” ujar Joneka Kandau saat ditemui Okezone, Selasa (14/8/2018) dalam acara konferensi pers "Perayaan HUT Ke-6 MNC Travel" di iNews Tower, MNC Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Dalam acara tersebut hadir juga pihak MNC Travel lainnya, yakni Undang Asmara selaku Director of Sales Lorin Sentul Hotel, Nur Shaffik Haris sebagai Country Manager Malaysia Airline, dan Razy Zuwan selaku Business Partnership Dep. Head Jungleland.

 (Baca Juga:Mengintip Daya Tarik Kampung Cantik Gurusina di Flores)

Jika daerah-daerah seperti Sumba, Lombok, dan Bangka Belitung kini juga masuk menjadi primadona incaran para wisatawan untuk lingkup domestik, lalu seperti apa untuk destinasi perjalanan internasional?

“Kalau untuk benua Asia Tenggara, negara seperti Malaysia dan Thailand jadi incaran pelanggan kita. Di luar Asia Tenggara sih, dua negara seperti Jepang dan Korea Selatan masih jadi negara tujuan teratas ya," lanjut Joneka.

Ia menambahkan alasan negara-negara tersebut yang banyak dituju. Hal ini karena dari hasil pantauan pihaknya, kurs mata uangnya masih bagus.

 

(Foto: nicholassaputra/Instagram)

"Lalu fasilitas negara atau hospitality bagus, begitu diakomodir pemerintah, sehingga segalanya bisa diperinci lebih jelas,” tambah Joneka.

 (Baca Juga:Tari Topeng Ireng Khas Indonesia Mengguncang Stockholm)

Di kesempatan yang sama, Joneka tak hanya menyebutkan destinasi wisata mana saja yang masih menduduki posisi teratas sebagai tujuan incaran untuk traveling. Joneka juga berbagi pola kebiasaan orang Indonesia jika hendak melakukan perjalanan. Mulai dari gemar berburu tiket berharga miring, hingga kebiasaan melakukan pemesanan dalam waktu singkat.

Pemesanan tiket ini pun tidak hanya dilakukan untuk perjalanan pribadi, tetapi juga perjalanan dinas. Misalnya untuk perjalanan corporate, sales baru bisa memesan tiket H-1. Berbeda dengan keperluan untuk meeting atau program training yang dilakukan jauh-jauh hari.

“Lalu, masyarakat Indonesia itu biasanya kerap mepet-mepet, iya sih biasanya kalau yang generasi milenial itu sudah ada plan sudah punya prediksi bisa kapan. Nah kalau yang non-milenial ini enggak bisa prediksi karena kerap berubah, jadi suka dadakan, booking-nya dekat-dekat,” pungkas Joneka.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini