nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Konsumsi Suplemen Berlebihan, Ini Dampak Buruknya bagi Tubuh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 14 Agustus 2018 18:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 14 481 1936439 jangan-konsumsi-suplemen-berlebihan-ini-dampak-buruknya-bagi-tubuh-G0EYaKHaDJ.jpg Dampak buruk konsumsi suplemen berlebihan (Foto:Ist)

APAKAH Anda gemar melakukan aktifitas di pusat kebugaran? Jika ya, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya suplemen yang dinilai bisa meningkatkan stamina saat melakukan latihan berat.

Sebagaimana diketahui, seorang binaragawan atau orang yang ingin membentuk tubuh, memang membutuhkan tenaga dan energi ekstra untuk melakukan aktifitasnya. Mereka membutuhkan lebih banyak karbohidrat dan protein untuk memperoleh lebih banyak energi.

Namun, sebenarnya kebutuhan tersebut masih dapat terpenuhi dengan baik dengan pola makan yang baik dan benar. Konsumsi suplemen juga dianjurkan untuk memberikan manfaat ekstra bagi tubuh Anda. Tapi perlu diingat, agar Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

Apa pun yang berlebihan dalam tubuh pasti selalu berakhir dengan beberapa implikasi negatif. Konsumsi suplemen dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan implikasi kesehatan yang lebih tinggi dan berakibat pada fungsi hati dan ginjal.

Tubuh yang sehat selalu berfokus pada protein, mineral dan karbohidrat. Jika nutrisi dalam tubuh tersebut tidak terpenuhi, maka suplemen diperlukan untuk menutupi kekurangan ini. Meski demikian nutrisi alami yang diperoleh dari buah-buahan segar, sayuran dan kacang seperti almond selalu disarankan. Pasalnya, selain menyehatkan, bahan makanan tersebut kaya akan serat.

(Baca Juga: Meriahkan Asian Games, Rumah Makan Ini Bikin Menu Asinan Gemes 2018 dan Viral di Medsos!)

(Baca Juga: 5 Zodiak Ini Sulit Banget Bilang "I Love You", Gengsi atau Malu-Malu Kucing?)

(Baca Juga: Gulai Ikan Asap, Aromanya Menggoda Rasanya Menggugah Selera)

 

Sebagaimana diberitakan Times of India, Selasa (14/8/2018), untuk menjalani kehidupan yang normal dan sehat, Anda perlu fokus pada asupan suplemen secara moderat. Asupan protein untuk perempuan dapat berkisar 0,75-1 gram per kilogram berat badan. Sementara untuk laki-laki asupan protein yang dibutuhkan bisa mencapai 1-1,5 gram per kilogram berat badan. Jumlahnya juga tergantung pada massa tubuh individu, serta faktor-faktor lain seperti intensitas latihan, durasi sesi olahraga dan jenis diet yang diikuti individu.

Melakukan diet makanan akan membantu tubuh Anda agar tetap bugar. Suplemen dapat ditingkatkan sebanyak beberapa miligram tergantung pada intensitas latihan dan durasi sesi. Latihan intens menuntut Anda mendapatkan makanan yang baik dan sehat dan tidak mengambil lebih banyak kalori dari yang dbakar saat sesi latihan. Makanan ringan pasca berolahraga pun sangat baik untuk dikonsumsi. Contohnya adalah buah-buahan, sayuran segar, almond dan smoothie aneka rasa.

Perlu diperhatikan bahwa Anda wajib menggunakan suplemen yang larut dalam air dengan jumlah sedang. Jika Anda terlalu berlebihan dalam menggunakannya, maka hal itu dapat memaksakan organ vital untuk berfungsi bagi tubuh. Ini dapat menyebabkan reaksi berat pada hati, ginjal dan juga meningkatkan denyut jantung.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini